Senin, 26 Desember 2016

Menciptakan Premium Bonding Moment bersama LOTTE Choco Pie

Saya termasuk dalam golongan ibu-ibu bekerja dalam keluarga. Ada perasaan bersalah juga sebenarnya, karena waktu saya yang kebanyakan habis di luar untuk ikut membantu mencari nafkah bersama suami. Ada perasaan kasihan pada putri semata wayang, yang sering saya tinggalkan bersama Mbak di rumah. Saya mulai bekerja setelah putri saya masuk sekolah dasar, dan saya cukup bersyukur sempat menemaninya tumbuh besar hingga berusia 6 tahun.

Tak dipungkiri, mamanya yang kini bekerja tentu membuatnya merasa kehilangan sosok seorang ibu yang biasanya selalu di rumah menemaninya. Pernah dia protes, karena waktu itu saya benar-benar sibuk bekerja hingga lembur, bahkan sesampai di rumah pun saya masih berkutat dengan kerjaan sampai subuh. Untuk menebus waktu yang harusnya saya berikan buat anak, saya pun menjanjikan akan mengajaknya jalan-jalan ke tempat kesukaannya saat weekend nanti.

Terkadang saya ingin resign dan memberikan seluruh waktu saya untuk keluarga, khususnya buat anak. Namun jika saya resign, kebutuhan rumah tangga yang terus meningkat tiap tahunnya, tentu tidak bisa mencukupi jika hanya mengandalkan penghasilan dari suami saja. Saya berkeinginan untuk memberikan yang terbaik bagi anak saya, serta bisa menghidupkan impiannya juga kelak. Ini sedikit menguatkan saya agar tetap mempertahankan pekerjaan ini, plus putri saya yang juga mulai beranjak besar, yang sudah mulai mengerti untuk apa mama nya bekerja, yaitu untuk memenuhi kebutuhannya.

Tapi yang namanya anak, tetap saja masih butuh kasih sayang dan perhatian dari orang tuanya, begitupun saya yang ingin memiliki quality time bersama anak. Terkadang saya ingin melakukan kegiatan yang menyenangkan bersama anak di rumah, dimana keterikatan antara saya dan anak bisa semakin  erat. Namun apa ya? Saya masih memikirkan kegiatan menyenangkan apa yang bisa kami lakukan bersama.

Sampai kemudian saya mendapatkan inspirasi itu, yaitu saat menghadiri acara LOTTE Choco Pie Media Gathering pada hari Rabu, tanggal 21 Desember 2016 kemarin. Acara ini diselenggarakan di The Hermitage Menteng Jakarta, dalam rangka memperingati Mother’s Day yang jatuh pada tanggal 22 Desember 2016. Hadir pada acara tersebut Mr. Yusuke Kawabata, selaku Marketing Manager LOTTE Indonesia, Ibu Oci C. Maharani sebagai Brand Manager LOTTE Indonesia, serta dua orang ibu cantik yang juga sibuk bekerja di dunia entertainment, yaitu Mona Ratuliu dan Maudy Koesnaedi.

LOTTE Choco Pie Media Gathering
LOTTE Choco Pie selama ini berkomitmen untuk selalu mendukung kedekatan hubungan keluarga dengan mewujudkan momen keterikatan atau Premium Bonding Moment. Ibu modern saat ini mempunyai banyak peranan, tidak hanya mengurus rumah tangga, namun juga bekerja, seperti mengurus bisnis sendiri, dan lain sebagainya. Nah, dalam rangka menyambut Hari Ibu, maka LOTTE Choco Pie mengajak para ibu untuk selalu menghadirkan premium bonding moment melalui beragam cara.

Salah satu caranya adalah dengan melakukan kreasi makanan atau camilan favorit, yang merupakan salah satu panel yang mudah dan praktis untuk dilakukan bersama dengan anak. Mari dengar apa kata dua artis cantik Maudy dan Mona, tentang premium bonding moment-nya bersama anak-anaknya.

Maudy
“Kemarin pas lagi sakit terasa banget itu peranan seorang ibu, bagaimana caranya kita tetap berfungsi sebagai ibu rumah tangga, mengurus anak yang lagi ujian sekolah. Ibu-ibu itu ya, mau sakit mau sehat, peranannya tetap tidak boleh ketinggalan,” sahut  Maudy.

Apalagi di saat anak-anak sedang memasuki masa liburan sekolah, dimana waktu luangnya sangat banyak. Ia pasti ingin pergi liburan bersama keluarga, menghabiskan waktu dengan ayah ibunya, padahal kedua orang tuanya masih masuk kerja. Lalu bagaimana caranya Maudy meluangkan waktu untuk keluarga, terutama untuk anaknya?

Bagi Maudy yang tidak harus ngantor, yang bisa mengatur jadwal kerjanya sendiri, dan kapan waktunya harus kerja, dia bisa mengatur dan menyesuaikan dengan jam saat anak lagi sekolah atau melakukan kegiatan lainnya, sehingga ia bisa melakukan kerja yang lain, seperti shooting, meeting, olahraga, dan lain sebagainya. Dan semua kerjaan itu biasanya diusahakan selesai sebelum anaknya pulang sekolah. Namun begitu, setiap weekend Maudy mengusahakan agar tidak kemana-mana, tetap di rumah.

Bekerja di entertainment ada sedikit kemudahan juga, Maudy sedapat mungkin mengajak anaknya untuk ikut, jadi ia bisa punya waktu bersama anaknya. Untuk komunikasi, anak Maudy - Eddy cenderung lebih suka dengan bapaknya. Namun sekarang dengan bertambahnya usia anak, terkadang anak tersebut malah punya waktu ng-date sendiri juga, misalnya janji mau main bola sama teman-temannya. Kalau pas di saat Maudy lagi ada kegiatan sih nggak masalah menurut Maudy, tapi di saat ia lagi di rumah, agak sedih juga. Makanya harus ada kompromi juga antara acara Maudy, suami dan anaknya, bagaimana cari waktu untuk bisa mengisi waktu bersama.

Mona 
Begitu pula yang diceritakan oleh Mona yang sangat sibuk dengan kerjaannya, baik dengan launching Buku Parenting-nya, maupun kegiatan lainnya. Di tengah kesibukannya, Mona hampir sama dengan ibu rumah tangga lainnya, yang ingin menghabiskan waktu bersama dengan ketiga anaknya. Untuk mendapatkan kebersamaan itu, Mona mulai dari saat bangun tidur, pagi hari saat minum yang hangat-hangat, saat sarapan bareng, saat memandikan si kecil, saat mengantarkan anak sekolah, semua benar-benar dipergunakan sebaik mungkin. “Saya sangat menikmati saat-saat seperti itu,” cerita Mona sambil tersenyum.

Sama seperti Maudy, Mona juga sebisa mungkin menyediakan waktunya saat anak-anak sudah ada di rumah, agar quality time bersama anak-anak bisa lebih lama. Memang tidak setiap hari hal ini terjadi, namun baggi Mona ia mengusahakan sebisa mungkin agar bisa bersama dengan anak-anaknya. Bagaimanapun waktu yang berkualitas bersama anak-anak itu menjadi prioritas bagi Mona.

Premium bonding moment atau waktu berkualitas bersama anak memang sangat penting untuk mempererat hubungan antara ibu dan anak. Anak tidak hanya butuh fisik atau sosok ibunya saja, tapi juga butuh kasih sayang, perhatian, dan dapat memenuhi kebahagiaan batinnya. Menjadi pendengar yang baik saat anak bercerita, mendongeng buat anak, bercerita dari hati ke hati bersama anak, jalan bareng, masak bersama, dan semua kegiatan lain yang dilakukan bersama, yang dapat membuat semuanya happy, ini merupakan premium bonding moment bersama anak.

Ibu zaman sekarang ini benar-benar harus pintar mengatur waktu dan energi, sehingga ada sisa energi untuk berfikir dan bermain bersama anak-anak. Misalnya anak saat ini lagi hobi apa? Menggambar, maka ibu bisa menemani dan mengajak anaknya menggambar bareng. Semisalnya anak lagi hobi makan, maka ibu bisa mengajak anak masak bareng atau berkreasi dengan makanan atau camilan bersama. Dengan keceriaan anak saat bisa melakukan kegiatan bersama ibu atau orangtuanya, membuat anak merasa lebih dekat lagi dengan orangtuanya, sehingga secara tidak langsung anak akan jadi lebih terbuka, dan mau menceritakan apa saja yang dialami dan dirasakannya.

Untuk memastikan dan mewujudkan premium bonding moment tersebut memang butuh komitmen dari orangtua, terutama para ibu. Selain itu, sebagai ibu masa sekarang, kita harus lebih kreatif dan lebih inovasi lagi, sehingga premium bonding moment tersebut bisa terwujud.

Dengan menghadiri acara LOTTE Choco Pie ini saya bisa mendapat inspirasi baru bagaimana cara menciptakan premium bonding moment bersama anak, dengan berkreasi membuat camilan yang sehat, asyik, dan enak. Saat berkreasi itulah anak menjadi lebih dekat dengan ibunya, anak pun merasa senang, lalu anak akan menjadi lebih mudah berinteraksi dan menceritakan apapun yang ingin diceritakannya.

Kreasiku dan ibu lainnya dengan Choco Pie :)
Nah, menurut Ibu Oci, LOTTE Choco Pie ingin membantu agar anak dan ibu jadi lebih dekat. Makanya LOTTE Choco Pie menciptakan berbagai macam kreasi dengan Choco Pie – ini bisa dilihat di Fanpage FB LOTTE Choco Pie Indonesia. Salah satunya adalah dengan membuat kreasi merah putih, lalu juga pernah berbuka puasa bersama Choco Pie, Lunch Box dengan Choco Pie, dan banyak lagi yang lainnya.

(Ki-ka) Mr. Yusuke, Mona, Ibu Oci, dan Maudy
Dalam rangka merayakan momen Hari Ibu, LOTTE Choco Pie juga mengadakan foto kompetisi Mother’s Day. Dengan cara mengunggah foto kebersamaan ibu bersama dengan buah hatinya ke www.lottechocopiemothersday.com. Lomba yang sudah dibuka sejak tanggal 21 November dan berakhir pada tanggal 21 Desember ini akan memperebutkan hadiah utama berlibur ke Jepang bersama keluarga. Selain itu, untuk mengapresiasikan rasa terima kasihnya pada para ibu, LOTTE Choco Pie juga membuat sebuah video untuk para ibu :)



Foto bersama Emak-Emak Blogger :)


Foto : Pribadi
Video : Lotte Choco Pie

9 komentar:

  1. Tak di sangka ya mba dengan cara sederhana lewat cemilan ibu bekerja ternyata juga bisa mempunyai quality time dengan anak..

    BalasHapus
  2. Bermula dari cemila, membuat anak dan ibu menjadi lebih akrab ya mba :)

    BalasHapus
  3. Bekerja atau di rumah sama sih, mak...akan kosong klo kita ga bisa dekat anak.nah, klo bekerja busa mciotakan momen undah itu..kwalutasnya tetap jempol kok...tetep cemungut kita mwujudkan waktu yang indah itu ya.ngobrol sambil makan choho pie juga seru

    BalasHapus
  4. Bekerja atau di rumah sama sih, mak...akan kosong klo kita ga bisa dekat anak.nah, klo bekerja bisa mciptakan momen indah itu..kwalitasnya tetap jempol kok...tetep cemungut kita mwujudkan waktu yang indah itu ya.ngobrol sambil makan choho pie juga seru....

    BalasHapus
  5. saya juga pengen slalu menciptakan bonding moment. Trims makkk bermakna sekali

    BalasHapus
  6. video campaign hari ibu dari Lotte Choco Pie bikin aku mewek mba. huhuhu ngena banget itu video. Ternyata walaupun anak kita terlihat cuek, sebenarnya mereka perhatian ya :)

    BalasHapus
  7. memang ya makanan ini bisa digunakan untuk berbagai tujuan termasuk bonding moment time ya mak

    BalasHapus
  8. Ahh setiap ibu bekerja selalu memiliki rasa bersalah ya Wie, hiks
    Tapi semangaat, ada cemilan yang bisa menciptakan bonding bareng keluarga niy, yuk ahh nyemiil sambil nonton TV

    BalasHapus
  9. rasa bersalah pasti terus ada ya mba untuk ibu bekerja macam kita ini dan PR sih buat kita para ibu memang harus selalu mengupayakan premium bonding momen biar anak lebih dekat sama kita

    BalasHapus