Rabu, 28 Desember 2016

Cara Mudah dan Praktis Bikin Rumah Jadi Kinclong

Kemarin saya sempat posting di Instagram, gambar kamar mandi saya yang sedang dibersihkan oleh jasa cleaning service Klik N Clean. Ternyata postingan tersebut membuat beberapa orang teman langsung japri, dan menanyakan berbagai hal mengenai jasa kebersihan ini. Jadi untuk lebih praktisnya, saya akan menjelaskan lebih rinci di sini, kenapa saya memilih jasa Klik N Clean, biaya untuk membayar jasanya, bagaimana cara memesan, serta bagaimana cara kerja cleaner-nya. Ini berdasarkan pengalaman saya sendiri yaa :)

Foto yang saya upload di Instagram
Baiklah, awal mula saya mencari jasa bebersih rumah ini di mulai ketika saya yang berkeluh kesah dengan teman serta tetangga sebelah, mengenai kerjaan di rumah yang bikin hidup saya terasa berat dan menderitaa *lebaay :)). Yup, saya paling nggak suka jika tiba saatnya kamar mandi harus disikat karena sudah kotor, dan setumpuk pakaian yang habis dijemur dan minta disetrika >.<  Saya lebih suka memilih nyuci piring segambreng dari pada diminta bersihin kamar mandi dan nyetrika :))

Duh, joroknyaa. Jangan ditiru yaaa :(
Keluarga saya memang tidak memiliki asisten rumah tangga, karena selain kami merupakan keluarga kecil, yang terdiri dari saya, suami, dan seorang putri kami, rumah saya pun terbilang mungil. Menurut saya, masih bisa lah saya sendiri yang mengurus rumah mungil ini. Saya memang memiliki seorang Mba tetangga yang mau menjaga putri saya, selama saya dan suami bekerja, namun ia hanya sebatas menjaga dan merawat putri kami (baby sitter).

Rutinitas pagi, saya mulai dengan menyapu rumah ala kadarnya, menyiapkan bekal dan pakaian sekolah untuk si kecil. Untuk makanan, saya biasa beli dari tetangga yang setiap hari menjual sayur dan lauk pauk yang sudah dimasak. Weekend saya habiskan waktu untuk jalan-jalan bersama keluarga, atau benar-benar hanya istirahat saja di rumah. Nah, biasanya pas weekend itu jadi terasa berat bagi saya saat melihat rumah yang mulai minta dibersihin, pakaian kotor yang menumpuk di mesin cuci, belum lagi pakaian dijemuran yang minta disetrika. Padahal saya benar-benar ingin menikmati weekend bersama si kecil, atau beristirahat jika lelah setelah kerja dari Senin sampai Jumat.

Sampai kemudian saya dapat info dari teman, saat saya mengeluhkan hal ini. Katanya ada jasa on-demand cleaning service yang namanya Klik N Clean. Awalnya saya ragu, karena memang banyak tawaran jasa cleaning service yang saya tau. Namun saya ragu akan kualitas kerjanya, juga tingkat keamanannya. Tau sendiri kan bagaimana keadaan sekarang, yang membuat kita harus waspada pada apapun juga.

Namun saya tidak mau men-judge orang atau sesuatu sebelum mengujinya terlebih dulu. Jadi selain rekomendasi dari teman tersebut, saya langsung search dulu di google mengenai perusahaan ini. Setelah mendapatkan info dari website-nya yaitu www.kliknclean.com, saya tau kalau perusahaan ini merupakan trusted brand yang benar-benar menjamin keamanan rumah kita. Karena sebelum melayani customer, cleaners telah di-training terlebih dulu, bahkan diajari attitude yang baik hingga grooming.

Okelah untuk keamanan dan kualitas kerja cleaner-nya. Sekarang saatnya saya ngecek harga jasanya, hehe. Iya, ini termasuk bagian penting, karena kalau mahal, kan mending saya pakai asisten rumah tangga aja, iya nggak :))) Dari website-nya saya dapat nomor WhatsApp Customer Service Klik N Clean, yaitu 0815 8525 8888. Jadi saya pun cuss ke WA untuk nanya langsung ke CS-nya. Ternyata harga jasa cleaning service-nya murah juga ya, yaitu Rp 49.000/ jam. Untuk yang mau coba bisa free trial cuma Rp 39.000/ 1,5 jam dengan metode quick cleaning.

Banyak lagi yang saya tanyain ke CS Klik N Clean – makhlum baru nyoba :)), lagian CS nya juga ramah dan fast respond. Dari CS saya jadi tau juga kalau ternyata jasa Klik N Clean ini baru mencakup area Jakarta saja. Jasa cleaning service Klik N Clean juga bukan hanya untuk rumah saja, tapi bisa buat ruangan apa saja, ruang kantor, apartemen, tempat ibadah, toko, dan lain-lain. Layanan bisa di-order mulai dari waktu subuh hingga sekitar pukul 8 malam. Eh ya, satu lagi yang saya lupa, untuk order bisa langsung via aplikasinya. Download aja langsung di Google Play atau Play Store yaa….


Baiklah, untuk pertama saya bisa coba free trial dulu kali ya. Sipp, saya pun order untuk hari Jumat siang setelah saya pulang kerja. Sehari sebelumnya, CS pun menghubungi saya untuk mengkonfirmasi orderan saya, memastikan hari, alamat, berapa lama, serta berapa ruang yang akan dibersihkan. Sesampai di rumah pada hari Jumat sepulang dari kerja, saya pun deg-degan menunggu cleaner yang bakal membersihkan rumah saya. Deg-degan, takut aja kalo kerja dan attitude cleaner-nya nggak sesuai dengan harapan saya, hehe….

Janjinya jam 2, namun saat jam menunjukan pukul 2 kurang 15 menit, di luar pagar sudah ada seorang pria dengan pakaian kemeja warna hijau yang mengetok pintu pagar. Pria tersebut memperkenalkan dirinya Mas Irfan dari Klik N Clean. Wah, nggak kecepatan datangnya nih Mas Irfan, hihi… Orangnya ramah, nggak ceriwis, dan baik. Itu kesan pertama yang saya tangkap.

Setelah basa basi sebentar, Mas Irfan pun menanyakan ruangan mana saja yang hendak dibersihkan. Saya pun menunjukan kamar mandi – yang jarang saya bersihkan, karena males :))), ruang dapur, ruang tengah, dan kamar tidur. Dengan sigap Mas Irfan membawa segala macam perlengkapan bersih-bersihnya, dan mulai membersihkan kamar mandi.


Sesekali saya menengok kerjaannya Mas Irfan, sambil menanyakan beberapa hal padanya. Sambil kerja, Mas Irfan menjawab setiap pertanyaan saya dengan sopan. Saya juga sempat menanyakan latar belakangnya, keluarganya, kerja dimana sebelum kerja di Klik N Clean, hehe *saya yang ceriwis ya :))) Ternyata sebelumnya Mas Irfan sudah pernah bekerja di beberapa perusahaan. Ada yang ia berhenti karena terkena dampak dari pengurangan karyawan, ada yang karena latar belakang pendidikannya yang cuma tamat SMA, ada juga yang karena kerjaan yang sangat berat sedangkan upah yang didapatkannya sangat sedikit.


6 bulan bergabung di Klik N Clean, ia merasa betah dan nyaman. Kerjanya seperti jam orang kantoran dan gajinya sesuai dengan UMR, kata Mas Irfan. Ah, senangnya tiap mendengar ada perusahaan yang menghargai kerjaan karyawannya seperti ini. Hasil kerja Mas Irfan juga bagus. Buktinya kamar mandi saya jadi bersih, wangi, dan kinclong. Bisa lihat kerjanya Mas Irfan pada gambar di bawah ini.


Melihat bagaimana gigihnya Mas Irfan bekerja apa saja – yang penting halal, demi menghidupi keluarganya, plus juga karena puas dengan hasil kerjanya, saya pun berniat memberikan sedikit uang tip. Namun saya jadi tambah salut dibuatnya, karena ternyata Mas Irfan menolak tip pemberian saya dengan halus. Ia tidak menerima uang tip, begitu katanya. Wah, ternyata karyawan/ cleaner Klik N Clean benar-benar di-training, dan dipilih dengan baik ya :) Sipp deh, kapan-kapan saya akan order lagi yaa….


Nah, begitulah cerita saya mengenai bersih-bersih rumah yang fotonya sempat saya upload di Instagram kemarin temans. Udah jelas kaaan :) Oya, saya dapat informasi baru dari CS Klik N Clean nih! Jika kamu tertarik juga untuk order jasa cleaning service di Klik N Clean, kamu bisa pakai kode promo “CLEANBYDEWI” untuk bisa dapatkan book 2 hours get one hour free, atau bisa juga book 2 hours pay one hours. Promo ini berlaku hingga tanggal 31 Januari 2017 mendatang. Buruan yaa! Saya juga pengen order lagi buat ngeberesin ruangan yang bakal berantakan abis taun baru besok :)))) 



Foto & Video : Pribadi

1 komentar:

  1. Wah dulu mau cobain Klik n clean ga bs euy, soalnya Jakarta coret tinggalnya :D

    Ngomong2, plg demen bersihin closet deh, apalagi pas bersih, terlihat kinclong haha *lebay* :D

    BalasHapus