Rabu, 21 Desember 2016

Kisah Pengusaha UKM Binaan Smesco & Tren Belanja Online Saat Ini

Siapa yang tau, bahwa ternyata dari kisah seorang pengusaha, ada cerita lain dibaliknya, yang akhirnya memotivasi mereka untuk kemudian terjun ke dunia bisnis. Ada beberapa teman yang saya ketahui mempunyai kisah seperti itu. Seperti seorang sahabat yang tinggal di daerah asal saya di Kota Padang sana. Dia akhirnya memilih berhenti bekerja di sebuah perusahaan swasta yang lumayan besar menurut saya, lalu beralih dengan membuka usaha sendiri di rumah, karena ingin bisa slalu dekat dan dapat merawat mamanya yang mulai sakit-sakitan. Sedangkan teman yang lain – dan ini mungkin banyak dialami para wanita karir ketika mulai memiliki anak, yang akhirnya resign dari kerjaan, dan memilih merawat anak di rumah, sambil buka usaha sendiri.

Nah, kisah seperti ini pula yang saya dapatkan ketika hadir pada acara Smesco Shoping Online  Day, yang bertemakan “Bincang Asyik ‘Sukses Bisnis’ Kripik ala Jagonya Kriuk” di Gedung Smesco Jakarta, pada hari Sabtu, 17 Desember 2016 kemarin. Yap, saat itu ada Bapak Joni Handoyo Indra Putra, sang owner Jagonya Kriuk, yang dengan senang hati mau berbagi cerita bagaimana awal mulanya beliau bisa terjun ke dunia bisnis. Oya, selain itu juga hadir Bapak Ida Bagus Putera, yang merupakan Kepala Bagian Layanan Bisnis e-commerce Smesco.

Bpk. Ida Bagus (kiri) dan Bpk. Joni (kanan)

Bapak Joni merupakan seorang pensiunan dari sebuah anak perusahaan BUMN. Kenapa kemudian Bapak Joni mau membuka usaha makanan sehat? Ternyata ada kisah lain dibalik semua itu, yaitu karena Bapak Joni pernah mengidap penyakit gagal ginjal pada tahun 2009, lalu tahun 2014 beliau terkena penyakit jantung. Namun akhirnya Bapak Joni dapat melewati semua itu.

Selama sakit, pola makan Pak Joni mulai diatur, serta tidak diperbolehkan mengkonsumsi sembarang makanan. Selama itu pula lah, Pak Joni mulai terbiasa dengan makanan sehat. Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini banyak makanan yang mengandung bahan-bahan pengawet dan pewarna, yang berbahaya bagi tubuh. Nah, karena itulah akhirnya Pak Joni terinspirasi untuk membuka usaha makanan sehat, agar semua masyarakat dapat mengkonsumsi makanan sehat. Namun bahan makanan tersebut dikreasikan oleh Pak Joni agar bisa tampil lebih menarik dan dapat dinikmati semua orang.

Ubi, merupakan salah satu bahan makanan sehat, yang kemudian diolah oleh Pak Joni menjadi beberapa produk makanan yang berada dibawah naungan Jagonya Kriuk yang beliau miliki. Misalnya Kue Pia yang diproduksi oleh Jagonya Kriuk, yang berbahan dasar ubi jalar. Ubi jalar yang digunakan oleh Pak Joni merupakan ubi jalar asli Jepang, yang ternyata bibit ubi jalarnya diambil oleh Pak Joni dari Jepang, lalu kemudian dibudi dayakan di Indonesia. Karena ntuk membudi dayakan Ubi Jepang ini, haruslah di daerah dengan suhu yang dingin, maka dipilihlah Kota Malang untuk membudi dayakan tanaman ini.

Lalu apa yang membedakan ubi jalar Jepang ini dengan ubi jalar lokal? Kata Pak Joni ubi jalar Jepang ini memiliki serat lebih banyak, dan rasanya juga lebih enak. Tapi dibalik itu semua, khasiat ubi jalar Jepang sama saja dengan ubi jalar lokal, yaitu sama-sama mengandung anti oxidant, yang bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena penyakit kanker. Ubi jalar juga kaya akan vitamin dan mineral, serta aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Bapak Joni
Pak Joni mengatakan bahwa Pia Ubi Jepang Asli ini diproduksi dalam dua jenis, yaitu yang standar dan yang premium. Untuk yang premium, secara kualitas lebih unggul dibandingkan yang standar. Secara packing, yang premium lebih eksklusif dengan balutan plastiknya, serta memiliki ukuran pia yang agak besar dibandingkan yang standar. Jadi tentu saja harga pia yang premium ini lebih mahal dari yang standar, sehingga penjualannya pun tidak dilakukan secara massal seperti yang standar. Jadi hanya diproduksi di waktu atau event-event tertentu saja.

Untuk pemasaran produknya, Pak Joni menjualnya secara domestik dan juga ekspor. Untuk ekspor biasanya produk yang dikirim masih dalam bentuk setengah jadi (frozen food). Misalnya untuk ekspor ubinya, ubi dikirim dalam bentuk potongan. Nanti, misalnya di Jepang, bahan ubi ini akan diolah menjadi beragam olahan makanan yang menarik. Oya, selain dijual, ternyata Pak Joni dan keluarga juga mengkonsumsi sendiri produk-produk ini, karena produk ini memang aman dan sehat untuk dikonsumsi. Semua produk Jagonya Kriuk sudah memiliki sertifikat IRT dan terdapat logo halal dari MUI di setiap kemasannya.

Pia Ubi Jepang Asli bermerek Kembang ini tersedia dalam berbagai varian rasa, seperti kacang hijau, kacang hitam, tangkue, telo ungu, durian, nangka, pisang coklat, serta varian yang terbaru yaitu edamame. Dengan membeli produk ini, selain tubuh kita mendapat asupan makanan yang sehat, berarti kita juga telah ikut mendukung berkembangnya produk lokal di Indonesia.

Beberapa produk lainnya yang terdapat di Jagonya Kriuk, yang dikenalkan oleh Pak Joni adalah Kacang Bawang Bali dan Vegan merek Imo’s, yang tersedia dalam 2 ukuran, yaitu 100 gr dan 200 gr, serta 2 varian rasa asin dan manis. Produk lainnya adalah Keripik Tempe merek Imo’s, yang terdiri dari 3 varian rasa, yaitu pedas, daun jeruk, dan original. Lalu produk terakhir yang dikenalkan Pak Joni adalah Keripik Singkong Pedas dengan merek Mr. Dower, yang tersedia dalam dua level kepedasan, yaitu level 8 dan level 10. Hayo, beraninya level berapa :)))


Oya, selain dijual secara langsung, semua produk Jagonya Kriuk juga dipasarkan melalui Smesco. Saya akan bercerita sedikit ya mengenai Smesco. Smesco merupakan layanan lembaga-lembaga merek usaha dari beberapa UKM, yang bertujuan untuk merangkul para UKM untuk dipromosikan. Beberapa keunggulan jika bergabung di Smesco adalah seringnya dilakukan pelatihan-pelatihan yang berguna untuk menambah wawasan UMKM, banyak mengadakan event pameran UMKM, baik di dalam maupun luar negeri, dapat menambah networking, serta membantu mempromosikan produk UMKM melalui media online.

Mengikuti tren di masyarakat yang mulai beralih dengan belanja produk secara online – karena dianggap lebih mudah dan praktis, maka Smesco pun mulai dengan perlahan mengembangkan pemasaran produk UMKM nya dengan cara online, yaitu dengan membangun smescotrade.com. Dengan hadirnya smescotrade.com diharapkan jangkauan pembeli menjadi lebih luas lagi. Pembeli pun dapat dengan mudah dan leluasa memilih produk yang diinginkan, tanpa harus datang langsung ke gedung Smesco.

Sebelum istirahat untuk sholat dan makan siang, peserta pun diajak untuk tour ke beberapa paviliun provinsi yang terdapat di gedung Smesco. Terdapat bermacam-macam produk lokal yang tersebar dari Sabang sampai Merauke di paviliun provinsi ini. Dengan tour ini, diharapkan peserta dapat mengenal berbagai macam produk yang dijual di Smesco, dengan kualitas bagus dan harga yang terbilang murah.




Bincang Asyik bersama Jatu Mursito

Mba Jatu
Usai istirahat, kita kedatangan Mba Jatu Mursito, yang merupakan seorang Youtubers dengan akunnya Mahmud Bohai, serta Founder Urban Mama. Terkait dengan Hari Belanja Online Nasional  (Harbolnas) yang jatuh pada tanggal 12 Desember kemarin, maka Mba Jatu akan berbagi imu dan pengetahuannya tentang bagaimana caranya berburu diskon saat Harbolnas.

Yang namanya belanja, apalagi kalau ada diskonnya, biasanya yang paling antusias itu adalah kaum hawa. Iya, nggaak? :))) Nggak tau, apakah harga dari barang yang dilihat benar-benar murah atau nggak, suka aja membeli produk-produk yang menempelkan ‘embel-embel’ diskon atau promo pada produknya. Nah, pas Harbolnas, hampir semua e-commerce mengadakan promo dan diskon besar-besaran. Tau sendirilah bagaimana gelap matanya para wanita untuk memborong semua produk tersebut :)))

Menurut Mba Jatu banyak cara dan motif orang dalam melakukan belanja online. Ada yang memang sudah mengincar satu barang jauh-jauh hari, lalu pada saat diskon, barulah barang tersebut dibeli. Ada yang pas barang lagi diskon, langsung buru-buru membeli produk tersebut dalam jumlah banyak, untuk kemudian dijual kembali dengan harga normal :D

Sebenarnya sebagai pembeli, kita musti cermat, dengan melihat apakah suatu barang benar-benar di diskon atau nggak. Karena ada juga e-commerce yang ‘cerdik’ dengan menaikan harga awal satu produk, kemudian mencantumkan bahwa barang tersebut di diskon. Padahal jatuhnya harga barang tersebut ternyata tidak terlalu jauh dari harga sebenarnya  atau harga yang biasanya tercantum >.< Atau ada juga yang sebenarnya harga produknya tersebut mahal dari harga produk yang dijual oleh kompetitornya, namun ia membuat iklan yang seolah ada diskon yang spektakuler, sehingga orang tertarik untuk berkunjung.

Ada brand-brand yang kita incar lama, dan kita tau harga pasarannya berapa, biasanya mereka tidak terlalu gila-gilaan dalam mendiskon harga barangnya. Kata Mba Jatu lagi, nggak mungkinlah sebuah perusahaan atau e-commerce banting harga sampai 70 atau 90% dari harga biasanya, bisa-bisa gulung tikar mereka :D Oya, Mba Jatu sering juga memberikan tips dan trik bagaimana belanja murah di akun you tube nya. Bisa tonton, apa saja tips-tips yang diposting Mba Jatu di akun Mahmud Bohai yaa :)


Games Shopping Online

Acara kemudian diakhiri dengan lomba belanja online di smescotrade.com. Lomba ini juga merupakan simulasi cara belanja produk-produk UKM secara online di smescotrade.com. Peserta yang didapatkan dari hasil undian ini kemudian dibagi menjadi enam kelompok, yang masing-masing kelompoknya terdiri dari 3 orang. Tiap kelompok kemudian dibagikan sebuah voucher belanja di smescotrade.com, senilai 500 ribu rupiah. Nah, tiap kelompok harus belanja beberapa produk yang terdapat di smescotrade.com sampai voucher tersebut habis.

Penilaian pertama adalah peserta tidak boleh telat dari waktu yang telah ditentukan, yaitu 15 menit. Penilaian kedua, semua produk yang dibeli harus ada di smescotrade.com. Jika sudah lolos dari kedua penilaian tersebut, maka hal lain yang akan menjadi pertimbangan untuk bisa menang adalah peserta tersebut memiliki jumlah item yang paling banyak, dan tidak boleh memiliki item yang sama (misalnya untuk jenis kripik atau gantungan kunci hanya boleh satu item saja).

Jika hasil penilaian untuk peserta ternyata ada yang seri, maka akan dinilai, siapa yang belanjanya paling mendekati 500 ribu rupiah. Setelah pertimbangan yang alot dari para juri dan juga masukan dari peserta, maka terpilihlah dua kelompok yang berhasil memenangkan Games Shopping Online di smescotrade.com. Selamaaat yaaa…. Walaupun kelompok saya belum menang, karena ada satu item yang kami belanjakan ternyata tidak ada di smescotrade.com >.< Besok saya akan coba belanja lagi produk-produk unggulan lainnya yang ada di www.smescotrade.com ah! :D


Foto : Dokumen Pribadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar