Selasa, 29 November 2016

Manfaatkan Barang Bekas untuk Liburan Impian

Menulis merupakan hobi aku dari dulu. Waktu kecil aku suka menuliskan cerita imajinasiku dalam selembar kertas. Biasanya aku menulis berdasarkan apa yang telah aku baca atau sedang tren saat itu. Aku pernah menuliskan kisah seorang putri cantik dan pangeran tampan - itu waktu aku SD, wkwkwk.  Pas SMP aku beralih menulis cerita horor, hehe. Ini karena waktu itu aku lagi suka dengerin radio, dan di salah satu stasiun radio tersebut, suka muterin kisah-kisah horor tiap malam Jumat. Jadilah otakku penuh dengan cerita-cerita 'emeijing' itu :))

Eh, waktu itu aku juga pernah lho ngirim ceritaku ke majalah - walaupun gak ada yang lolos, hihi.... Yah, aku makhlum aja sih, kan tulisanku amburadul banget waktu itu. Saat SMA dan kuliah, aku sempat vakum corat coret di kertas, karena sibuk hang out dengan teman-teman belajar :))

Keinginan menulis itu muncul lagi saat aku mulai bekerja. Saat kerjaan lagi sepi, aku ketak ketik cerita pake komputer kantor. Namun tulisanku waktu itu lebih ke cerita sehari-hari, curcol :D Aku masih ingat, tulisan dalam bentuk curhat tersebut aku simpan di file 'Ceritaku' di kompi kantor. Hingga akhirnya aku memutuskan untuk membeli sebuah notebook agar aku lebih leluasa lagi menulis.

Sudah bertahun-tahun Si Notebook Merah menemaniku, bahkan hingga aku resign dari kantor. Dia selalu kubawa kemana saja untuk menemani, karena aku bisa saja tiba-tiba pengen nulis di saat ada waktu luang, misalnya lagi nungguin teman di mal, di taman, atau lagi main ke rumah saudara. Jadi Si Notebook ini sudah menjadi sahabatku sejak dulu :)
Si Notebook Merah yang udah gores sana sini karena slalu ku bawa kemana-mana :)
Impianku dari dulu adalah bisa melancong bareng Si Notebook keliling dunia. Untuk saat ini aku ingin mulai dengan menjelajahi daerah-daerah yang ada di Indonesia dulu, khususnya daerah timur Indonesia yang masih belum kukunjungi. Namun keinginan ini belum bisa terlaksana juga hingga sekarang, karena uang yang kukumpulkan selalu aja nggak pernah cukup, hehe. Sampai kemudian aku mendengar kabar tentang temanku yang baru pulang traveling dari salah satu daerah di timur Indonesia sana. Mendengar langsung cerita dari temanku itu, serta melihat foto-foto yang dipamerkannya, membuat keinginanku untuk bisa cepat menjelajah semakin menjadi-jadi :(

Melihat raut wajahku yang merana, memelas, sedih tak terperikan, dan sepertinya minta dikasihani *lebaaay :)), temanku pun menceritakan bahwa ia bisa jalan-jalan ke Raja Ampat setelah menjual barang-barang bekasnya yang sudah tak terpakai. Hah! cerita apa pula ini, aku nggak ngerti maksudnya. 

Melihat raut wajahku - lagi, yang melongo, bengong (untung nggak seperti sapi ompong :D), ia pun melanjutkan ceritanya. Waktu beberes rumah, temanku itu menemukan banyak sekali barang-barangnya yang masih bagus, namun tergeletak begitu saja. Karena udah biasa menjual barang di OLX, maka ia pun mengumpulkan semua barang tak terpakai tersebut, dan menjualnya.

OLX merupakan media atau situs jual beli barang secara online, yang mempertemukan antara penjual dengan jutaan pembeli. Di OLX bisa dijumpai berbagai macam barang bekas yang masih bagus dan berkualitas. Kata temanku, tiap dia menjual dan mengiklankan barang bekasnya di OLX, biasanya akan cepat terjual.

Kata temanku lagi nih, sekarang rumahnya jadi sedikit legaan. Nah, hasil dari penjualan barang bekas itulah yang ia jadikan modal buat jalan-jalan ke Raja Ampat. Oo gitu toh! Aku pun mulai marah-marah, ngomel-ngomel, uring-uringan pada temanku itu. Nah lho! Habisan, kenapa ia nggak ceritain ini sama aku. Kenapa ia pergi sendirian nggak ajak-ajak. Kenapa aku nggak diajak beberes rumahnya eh rumahku. Kenapa oh kenapa! *drama queeeen…. :)) Kalau ia cerita, kan aku bisa ikutan jalan-jalan juga bareng dia, aku nggak sendirian pergi liburannya, aku bisa ikutan rajin ngumpulin barang-barang bekas yang nggak terpakai di rumah. Ya nggak! 

Temanku pun kemudian ngasih aku tepukan lembut di pundak, seolah menenangkanku. “Untung aku mau ngasih tau kamu gimana caranya bisa liburan, tanpa perlu pusing ngitungin duit yang bakal kamu kumpulin. Baik kan aku. Berterima kasihlah padaku,” ucap temanku dengan wajah tanpa dosa. Dengan mulut dimonyongkan, aku pun menjitak kepala temanku itu, dan ngeloyor pergi.

Sesampai di rumah, dengan semangatnya aku membongkar lemari dan kardus-kardus yang ada di bawah tempat tidur. Ya ampuun, ternyata aku menemukan banyak barang yang tak terpakai. Salah satunya adalah tiga buah smartphone yang kudapatkan sebagai hadiah dari hasil menulis. Aku tidak menggunakan kedua benda tersebut karena kapasitas baterainya yang kurang memadai buat aku yang sangat aktif menggunakan gadget. Namun waktu itu aku masih sayang menjualnya, dan ingin menyimpannya sebagai kenangan-kenangan. Namun setelah dipikir-pikir, dari pada nanti jadi barang rongsokan, mending aku jual saja buat modal jalan-jalan, hehe...

Aku nemuin harta karun diantara tumpukan barang-barang tak terpakai
Aku pun mengira-ngira berapa harga ketiga hape tersebut. Cukup atau tidak buat liburan ke Raja Ampat. Temanku tadi sudah ngasih tau berapa total budget yang diperlukan untuk jalan-jalan ke sana. Mungkin aku bisa tambahin dengan menjual tablet yang juga sudah jarang aku pake, serta dua buah powerbank yang nganggur.

Setelah aku totalin ternyata jumlahnya melebihi total budget yang harus aku kumpulin. Asiiik, jadi juga aku pergi jalan-jalan, melancong kitaa ya Notebook! Nanti selain mengabadikannya dalam bentuk foto, aku juga akan menuliskan semua pengalamanku selama liburan di sana, ke dalam notebook kesayanganku. Khayalanku udah melayang kemana-mana nih, hihi….

Ini baru namanya liburan, having fun! Aku nggak perlu pusing ngumpulin dan ngitungin uang buat jalan-jalan. I’m happyyy, yeeyy! Tinggal jualin barang nggak kepake aja. Untuk bisa menjual barang-barang tak terpakai ini, aku harus bikin akun dulu di OLX. Setelah berhasil login, udah deh, aku tinggal upload foto barang yang hendak aku jual, dan pasang iklannya.

Eh, ini juga lagi ada Program Bekas Jadi Liburan nih di OLX. Ahay, kok bisa pas sih! Tau aja kalo aku pengen jalan-jalan :)) Hadiahnya keren lagi, tiket pesawat PP Jakarta – Singapura untuk 8 orang pemenang plus uang saku 2 juta rupiah! Wow woooww…. Tak hanya itu, ada lagi nih! Akan dipilih 5 pemenang yang masing-masingnya akan mendapatkan 26.000 AirAsia BIG Points untuk semua rute AirAsia! *tiba-tiba mules, duh hadiahnyaa, bikin mupeng. Ikutan ah! *trus jadi semangat nyari barang-barang yang sebelumnya ngerasa sayang untuk dikasih apalagi dijual, padahal kepake juga nggak :))
 


Etapi bagaimana caranya ya? Ternyata caranya mudah aja, tinggal pasang iklan di OLX dengan hastag #BekasJadiLiburan. Trus kumpulin deh poin sebanyak-banyaknya. Untuk informasi lengkapnya cuss aja ke www.bekasjadiapapun.id/liburan. Do’akan aku yaa, mudah-mudahan dari Raja Ampat aku bisa langsung cuss ke Singapura, xoxo *pede banget xD


Boleh juga nih bagi yang nggak kemana-mana, atau lagi meliburkan diri di rumah, untuk ngerapiin dan beres-beresin rumahnya. Barangkali bisa nemuin juga harta karun segambreng, yang bisa dijual di OLX. Trus bisa dimanfaatin deh tuh buat beli barang yang selama ini diinginkan. Dan kali aja bisa beruntung dapat hadiah liburan ke Singapura :)) Psstt, atau dapat hadiah AirAsia BIG Points juga oke lho, bisa pilih rute sendiri, hihihi. Yuk ah, nggak sabaran mau liburan ke tempat impian :)




Foto : Pribadi dan bekasjadiapapun/liburan

12 komentar:

  1. wah barang bekas di rumahku ada banyak. yuk liburan #ehgeer

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha..yuk dimanfaatkan barang bekasnya Mbaa :D

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ih mbak tanti ga baca postingannya ya, kok bisa nyimpulin Dewi itu bunda Ida

      Hapus
  3. Baca ini jadi ingat OLX. Kenapa sampe lupa yah. Padahal di rumah ada barang2 bekas yang masih layak pakai bisa dijual.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, kadang hal kecil begini banyak yang gak 'ngeh' Mba :D

      Hapus
  4. Maaf mbak Dewi tadi akuemang buka 6 blog serentak( sambil disambi2)jadi keliru yaa menuliskan komen a.n siapa. Hikss. Udah saya hapus ya mbak. Maklum juga siwer dengan timeline usiactk itu.
    kalau bahasan artikelnya udah paham banget dan dpt masukan penting memberdayakan barang2 bekas pakai yang masih baik fungsinya di situs OLX.
    Once again thanks ya *ini sekalian edit lain yang kliru. DUh siwer kelas dewa :(

    BalasHapus
  5. Saya ada laptop bekas di rumah. Sudah malas nyala laptopnya. Tapi sayang kalau dijual. Ada kenangan :D duh saya mah melankolis. DIkit2 bilang kenangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wanita emang slalu makai emosinya tiap mengambil keputusan Mba :)))

      Hapus
  6. Kalau keluarga gue bukan di OLX tapi di tukang asongan mah, lebih praktis hahaha ...

    BalasHapus