Jumat, 01 Juli 2016

#4GinBukber bersama Smartfren


Ini kesekian kalinya saya berkunjung ke Bebek Bengil Restaurant di daerah Menteng Jakarta Pusat. Namun kemarin, tepatnya hari Kamis, tanggal 23 Juni 2016, saya datang dalam acara buka puasa bersama Smartfren. Selain bukber, ada workshop juga dari seorang YouTubers nge-heits, Mas Arief Muhammad, si pemilik akun yang diberi nama Poconggg.

Dalam sambutannya, Bapak Yuditia dari Marcom Smartfren mengatakan bahwa acara ini diadakan untuk berkenalan dengan berbagai komunitas digital seperti blogger, youtubers, dan lain-lain, sekaligus untuk silaturahmi.

Selain menginfokan tentang produk Mifi M2Y (sepertinya lagi booming saat ini) yang jaringannya sudah menjangkau ke 188 kota di seluruh Indonesia, serta Mifi-nya yang dapat digunakan oleh 32 user sekaligus, Smartfren juga menjelaskan tentang 2 produk smartphone keluaran terbarunya, yaitu Andromax A dan Andromax E2+.  

Yang pertama yaitu Andromax A, merupakan produk keluaran Smartfren dengan harga yang sangat ramah banget di kantong. Ukuran layarnya hanya 4,5 inch sehingga nyaman digenggam. Memiliki RAM 1GB dan ROM 8GB, dengan Dual SIM Card-Dual On Active 4G LTE.

Andromax A
Credit by smartfren.com
Nah, yang mejadi kelebihan dari Andromax A ini adalah teknologi SVI (Sun Visibility Improvement) yang ditanamkan di dalamnya. Yup, dengan teknologi SVI ini, pengguna Andromax A bisa tetap melihat dengan jelas tampilan layar, walaupun berada di bawah sinar matahari, karena sensor akan mendeteksi jika ada sinar yang masuk berlebihan dan otomatis akan meningkatkan kontras pada layarnya.

Apalagi kelebihannya? Andromax A juga sudah didukung dengan teknologi VoLTE,yaitu layanan suara dan video melalui jaringan LTE. Jadi pengguna dapat melakukan video call, serta perpindahan dari voice call ke video call dengan lebih mudah. Dengan VoLTE, suara yang diterima saat calling pun lebih jernih dan jelas, sehingga komunikasi tidak akan terganggu walaupun berada di ruangan yang ramai dan bising.

Nah untuk kameranya, Andromax A memiliki resolusi kamera depan dan kamera belakang yang sama yaitu 5 MP, disertai dengan LED Flash di bagian belakang kamera. Untuk para penggemar musik  bakalan naksir nih dengan Andromax A ini, karena memiliki teknologi Snapdragon Audio +. Dengan fitur ini, penikmat musik dapat mengatur sendiri (equalizer) musik sesuai dengan seleranya. Harga Andromax A ini hanya 649 ribu rupiah lho! Gak percaya? Hehe… terjangkau banget kaaan :D

Produk yang kedua adalah Andromax E2+, yang speknya sedikit di atas Andromax A. Produk ini cocok bagi para gamer dan sosmed mania. Kenapa? Karena Andromax E2+ memiliki RAM 2GB dan ROM 16GB. Dua spek ini akan membuat kinerja ponsel menjadi lebih lancar saat gaming dan berselancar di sosmed. Lalu ukuran layarnya yang nyaman digenggaman yaitu 4,5 inch, dengan layar yang sudah IPS + OCA (On-Lense Clear Adhesive) yang dapat menghasilkan tampilan layar yang natural dan cukup jelas dilihat dari berbagai sisi.

Andromax E2+
Credit by infokutechno.net
Untuk resolusi kamera pada Andromax E2+ sama dengan Andromax A, yaitu sama-sama 5 MP untuk kamera depan dan belakangnya. Bedanya, pada Andromax E2+ LED Flash tidak hanya ada di bagian kamera belakang saja, namun juga ada di bagian kamera depannya. So, sangat mendukung bagi yang suka selfie-an :D

Andromax E2+ juga memiliki Dual SIM Card-Dual On Active 4G LTE, sistem audio yang menggunakan teknologi Dolby Digital Audio Enchancer, teknologi VoLTE, punya teknologi recharge yang membuat proses nge-charge menjadi lebih cepat. Sedangkan untuk harganya hanya 1.199 juta rupiah, harga yang murah dengan spek yang dimilikinya.

Selama bulan Ramadhan ini, Smartfren mengeluarkan Paket Promo Ramadhan yang berlaku mulai dari 1 Juni hingga 31 Agustus 2016. Ada Paket Double & Triple Quota, serta Paket Video Streaming. Untuk Double Quota, tiap pembelian paket data Smartfren, berapapun pembeliannya akan mendapatkan double quota. Sedangkan untuk Triple Quota akan didapatkan jika membeli hape Samsung yang disertai dengan pembelian kartu Smartfren. Sedangkan Paket Video Streaming, berupa Paket YouTube Sahur dan Puasa dengan kuota 3GB buat streamingan selama menunggu waktu buka puasa dan selama sahur.

Puas mendapatkan informasi mengenai produk terbaru dan paket promo Ramadhan dari Smartfren, bedug magrib pun bergema. Usai berbuka puasa dan menjalankan ibadah sholat magrib, acara pun dilanjutkan dengan mendengarkan workshop dari Mas Arief dengan tema bagaimana cara membuat konten  yang unik dan menarik.

Mas Arief Muhammad, Youtubers
Cara pertama adalah buatlah konten yang sesuai dengan diri kita sendiri, konten yang menjadi passion kita sendiri. Karena kalau memaksakan diri membuat konten yang bukan diri kita, hasilnya tidak akan bagus dan tidak akan optimal. Ada video yang lagi booming, trus pada ikutan bikin konten seperti itu, padahal itu tidak sesuai dengan passion sendiri. Yang ada  hasilnya tidak akan menarik dan tidak akan ada yang menonton video tersebut.

Lalu yang kedua, ketahui siapa yang menjadi target market kita, sehingga kita bisa mengetahui konten seperti apa yang akan kita buat. Apapun konten yang kita buat, tetap harus mengetahui siapa yang bakal nonton video kita nantinya. Pastikan jangan sampai konten video yang ditargetkan untuk orang dewasa ditonton oleh anak-anak atau remaja. Salah satu cara untuk mengetahui siapa saja yang menonton video kita bisa diketahui dari komen yang masuk.

Yang ketiga, buatlah konten yang lain dari yang lain, yang unik, yang anti mainstream, jangan sama dengan yang orang lain bikin. Kalau bisa, buat konten yang informatif namun juga dapat menghibur, sehingga penonton tidak bosan melihat video kita. Sering orang membuat konten yang informative, namun suka terjebak dengan membuat konten yang membosankan.

Terus, jika sudah menerapkan ketiga cara di atas, mantapkan diri untuk konsisten membuat video. Misalnya setiap satu minggu sekali, atau sekali sebulan, buat konten terjadwal, sehingga penonton yang telah berlangganan tidak akan sampai unsubscribe atau melupakan video-video kita.

Mas Arief sendiri awalnya bikin video menggunakan kamera pocket dengan durasi 6 hingga 9 menit, namun sekarang sudah biasa bikin di atas 10 menit dan menggunakan kamera yang lebih besar lagi. Menurut Mas Arief, konsisten itu yang masih susah untuk diterapkan, karena terkadang kita masih suka moody-an jika akan menggarap suatu konten.

Walaupun cuaca saat itu kurang bersahabat, namun acara 4GinBukber 4GinAja bersama Smartfren berlangsung meriah dan sarat dengan informasi. Terima kasih Smartfren untuk acara bukbernya, selain dapat menambah wawasan, saya juga dapat bersilaturahmi dengan teman-teman lainnya J

Silaturahmi dengan teman blogger lainnya J
  

1 komentar:

  1. Konten yang informatif, tapi tidak membosankan. Penting banget itu ya, Wi.

    BalasHapus