Sabtu, 25 Juni 2016

Berkunjung ke Pabrik Pocari Sweat di Sukabumi

Ini merupakan kunjungan pertama saya ke Pabrik Pocari Sweat. Saya bersama dengan 8 teman blogger lainnya diundang untuk melakukan Tour Factory sekaligus buka puasa bersama tim Pocari Sweat pada hari Senin, 20 Juni 2016 kemarin.

Saya juga baru tau, kalo ternyata tur ke pabrik Pocari Sweat ini terbuka untuk umum, gratis lho! Karena pabriknya jauh di Sukabumi, maka Pihak Pocari Sweat menyediakan shuttle bus bagi rombongan yang ingin Tour Factory.
Waktu itu saya dijemput di fX Sudirman oleh sebuah mini bus berwarna biru laut, dengan tulisan Pocari Sweat besar di bagian badannya. Fasilitas dalam bus ini termasuk lengkap menurut saya. Selain ber-AC, ada layar kecil di depan masing-masing bangku, ada kulkas kecil juga di belakang sopir, dan bisa karaokean juga bagi yang mau nyanyi-nyanyi 😁


Perjalanan dari Jakarta ke Sukabumi memakan waktu sekitar 2,5 jam - itu ditempuh dengan kondisi lalu lintas yang tidak begitu macet. Sepanjang perjalanan, saya ngobrol dengan teman blogger yang duduk di samping saya, lalu sesebentar melongok keluar melihat pemandangan, dan tak lama kemudian saya pun tertidur, hehe.

Bus sempat berhenti sebentar di sebuah mesjid untuk memberikan kesempatan bagi teman-teman yang ingin sholat. Katanya sih, posisi Pabrik Pocari letaknya tidak begitu jauh dari mesjid ini.


Dan benar saja, tidak sampai setengah jam, bus sudah memasuki gerbang Pabrik Pocari Sweat. Kami pun dipersilakan memasuki sebuah ruangan yang lumayan besar, seperti bioskop dengan layar besar di depannya. Masing-masing kami juga 'dipinjamkan' (bukan diberikan kan yaa, hehe) sebuah tablet dengan casing berwarna biru langit. 


Setelah berkenalan dengan para staf Pocari Sweat, kami pun diberitahu mengenai peraturan yang harus dipatuhi selama tur pabrik. Pertama adalah larangan untuk mengambil foto maupun video saat dilakukan presentasi dan juga saat berada di bagian produksi Pocari Sweat. Semua telpon genggam harus dalam keadaan silent, serta agar semua peserta tidak memisahkan diri dengan rombongannya. Lalu dilarang buang sampah sembarangan, jadi pengunjung harus menjaga kebersihan lingkungan di area pabrik.

Lalu kami diminta untuk mengisi data-data di form yang ada di tablet. Tablet ini nantinya akan dibawa sepanjang tur, karena selain berisi kuis yang menguji pengetahuan kita tentang cairan tubuh, di tablet ini juga berisi informasi cara produksi Pocari Sweat. Kemudian acara pun lanjut ke sesi presentasi tentang Pocari Sweat yang akan dijelaskan oleh Mba Elsa.

Berawal sebagai perusahaan farmasi besar di Jepang,  yang berdiri tahun 1921, Otsuka terus berkembang dengan mulai memproduksi minuman kesehatan. Kemudian pada tahun 1989, Otsuka mulai memasuki pasar Indonesia. Setahun kemudian berdirilah PT. Amerta Indah Otsuka, dengan cabang di Jakarta, Medan, Bandung, dan Surabaya. Di Indonesia, Otsuka mempunyai 2 pabrik, yaitu di Sukabumi, Jawa Barat (yang didirikan tahun 2004) dan yang satunya lagi di Kejayan, Jawa Timur (didirikan tahun 2010).

Perusahaan Otsuka mempunyai filosofi 'People creating new products for better health worldwide', yang artinya Otsuka menciptakan produk-produk yang unik dan inovatif, memperbaiki kesehatan dan kehidupan yang lebih baik, serta memberikan kontribusi bagi umat manusia sedunia. 

Sesuai dengan misinya untuk menjadi perusahaan yang terpercaya, PT. Amerta Indah Otsuka yang berprinsip open space factory membuka program kunjungan pabrik dengan tujuan edukasi pada masyarakat dan transparansi terhadap proses produksinya. Jika berminat untuk berkunjung, kamu bisa isi Formulir Factory Tour yang ada di website Otsuka yaitu www.aio.co.id

Produk Otsuka yang sudah masuk ke Indonesia adalah produk Pocari Sweat dan Soy Joy, serta yang terbaru minuman Ionessence. Untuk minuman Pocari diawali dalam bentuk kemasan kaleng, kemasan sachet dan kemudian yang sekarang banyak saya jumpai yaitu kemasan botol.

Kemasan sachet Pocari Sweat
Sering merasa haus, lelah, sulit fokus, dan sakit kepala merupakan gejala dari dehidrasi. Dehidrasi adalah situasi ketika cairan tubuh yang keluar lebih banyak dari cairan yang masuk ke dalam tubuh. Harusnya kan cairan yang masuk harus sama dengan cairan yang keluar. Sehari-hari kita kehilangan cairan tubuh akibat beraktifitas sebanyak 2500 ml.

Lebih dari 60% tubuh kita merupakan cairan, yang terdiri dari air dan ion. Ion merupakan garam-garam mineral yang larut dalam cairan tubuh, yang memiliki muatan listrik yang berperan penting untuk berbagai fungsi dalam tubuh. Untuk itulah kita harus memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Salah satu bukti bahwa tubuh kita memiliki ion adalah air mata dan keringat yang rasanya asin, yang berarti mengandung garam.

Semua cairan yang ada dalam tubuh mempunyai berbagai fungsi, misalnya untuk mengatur suhu tubuh, mengantar zat nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh, melindungi organ dan jaringan tubuh, menjaga kelembaban kulit, melumasi persediaan, serta membuang zat sisa dari dalam tubuh. 

Jika kita dehidrasi, maka akan beresiko mengganggu fungsi cairan dalam tubuh dan juga menimbulkan gangguan kesehatan. Akan tetapi dehidrasi dapat dicegah dengan meminum minuman yang mirip dengan cairan tubuh kita. 

Nah, untuk itulah Pocari Sweat dibuat. Dengan komposisi yang mirip dengan cairan tubuh, yaitu air dan ion, Pocari Sweat dapat mengganti cairan tubuh yang hilang. Pocari cepat larut dalam tubuh serta mampu bertahan lebih lama dalam tubuh. Sebaiknya minum Pocari Sweat sebelum tidur malam, karena Pocari akan menjaga cairan tubuh selama kita tidur, sehingga saat bangun kita tidak dehidrasi.

Pocari juga baik untuk tubuh karena bebas dari bahan pengawet, pemanis buatan, soda,  kafein, serta rendah kalori, sehingga aman dikonsumsi oleh anak usia 1 tahun ke atas hingga usia manula, ibu hamil, dan ibu menyusui.  

Selain berbisnis produk minuman kesehatan, PT. Otsuka juga punya Program CSR. Satu Hati merupakan salah satu program CSR PT. Otsuka dalam hal memberikan edukasi tentang kesehatan, pendidikan, dan lingkungan.

Usai mendapatkan informasi mengenai sejarah perusahaan, produk Pocari Sweat dan juga tentang cairan tubuh, kami pun diajak berkeliling ke bagian kantor dan bagian produksi Pocari Sweat. 
Dengan menggunakan teknologi canggih, mesin produksi di Pabrik Otsuka Sukabumi ini dapat menghasilkan 720 botol Pocari Sweat dalam waktu 1 menit Dan ini dikatakan sebagai mesin yang tercepat diantara semua pabrik Otsuka yang ada, bahkan mesin produksi yang di Jepang hanya mampu menghasilkan sekitar 600 botol per menitnya. Kereen 😊

Setelah mengelilingi bagian produksi, kami pun diajak ke tempat pembuatan pin. Kami diajarkan cara membuat pin dengan nama kami masing-masing. Di bagian belakang pin, ada barcode yang digunakan saat sesi foto.

Dari sana kami diajak lagi ke tempat bermain yang dinamakan ExplorION Adventure. Nah, ini nih yang dikatakan sebelumnya, bahwa Otsuka akan memperkenalkan sebuah permainan terbarunya yang merupakan permainan 3 Dimensi. ExplorION Theater ini hanya ada di Otsuka Sukabumi lho!


Saat masuk ke tempat permainan, kami diminta untuk menanggalkan sandal atau sepatu, dan menggunakan kaos kaki yang telah disediakan. Untuk masuk ke dalam permainan, kembali barcode yang ada di belakang pin di gunakan. 

Di bagian inilah kami tertawa ngakak, karena tak lama setelah barcode di-scan, animasi dengan wajah yang menyerupai wajah kami masing-masing muncul di dinding besar yang berfungsi sebagai layar. Gambar bergerak sesuai dengan gerakan yang kami lakukan. Animasinya lucu-lucuuu 😂

Animasi saya 😁
Kami saat bermain ExplorION Adventure
Permainannya sangat memacu keringat untuk keluar, karena memang itulah tujuannya, selain tentu saja untuk menguji kecepatan, kekompakan dan juga pengetahuan kami mengenai air dan ion. 

Seru banget permainannya, kami sampai kelelahan karena berlari ke sana kemari. Akhirnya kami diajak ke tempat pembuatan pin tadi, dan diberi Pocari Sweat untuk mengganti cairan tubuh yang hilang akibat aktifitas bermain tadi. Hmm...segar 😊

Tak terasa hari sudah sore saja. Kami pun masuk kembali ke dalam bus dan beranjak meninggalkan Pabrik Pocari Sweat. Saya yang kelelahan benar-benar tertidur sepanjang perjalanan. Tiba-tiba bus sudah berada di de'Leuit Restauran Bogor. 


Yah, sudah waktunya berbuka puasa. Suasana akrab sangat terasa saat kami makan bersama sambil bercengkerama dengan Tim Pocari Sweat. Senaaangnyaa.... Makasiih ya bapak-bapak dan mba-mba dari Pocari atas sambutannya. Semoga saya bisa berkunjung lagi ke Pabrik Pocari Sweat di Sukabumi 😊 


2 komentar:

  1. Animasiku kok lebih culun, ya? Heuuu.. pengen foto ulang yuk main Explorion lagi! :)))

    BalasHapus
  2. yang paling seru itu di bagian explorion Theater,.muka yang udah berumur ini berubah jadi anak-anak, lari kesan kemari. teriak ion...ion....ion

    BalasHapus