Selasa, 07 Juni 2016

Cara Mudah Membuat Pie Rose yang Enak

Membuat kue itu gampang-gampang susah yah! Gampang bagi yang sering bikin kue, tapi susah bagi yang bisanya cuma makan kue aja, hehehe…. Kalo mendengar nama Pie Rose, yang kebayang adalah sebuah pai berbentuk mawar, yang pasti bakal ribet banget bikinnya 😯

Hari Sabtu kemarin, tepatnya tanggal 4 Juni 2016, saya mengikuti sebuah workshop Culinary Art bersama Kartini Blue Bird. Kali aja dengan mengikuti workshop ini saya bisa pinter bikin kue 😁 Oya, Kartini Blue Bird merupakan para perempuan pengemudi Blue Bird yang memiliki talenta lain, selain mengemudikan mobil.


Bu Noni Purnomo bersama Kartini Blue Bird
Dari sekian banyak pengemudi Blue Bird, terdapat sekitar 120 orang perempuan pengemudi, dan salah satunya adalah Ibu Sri, yang memiliki bakat dalam bidang kuliner. Melihat hal ini, Blue Bird pun mendirikan sebuah Program yang dinamakan Kartini Blue Bird. Dalam Program Kartini Blue Bird, para perempuan Blue Bird akan sharing berbagai macam ilmu keterampilan, dengan tujuan agar para perempuan bisa berbisnis sendiri dari rumah.

Ada 7 kelas yang disharing dalam program Kartini Blue Bird, yaitu Sewing, Embroidery, Culinary Art, Bag and Accessories, Souvenir, Bedding, dan Art Printing. Nah, dalam workshop Culinary Art ini kita diajarkan bagaimana cara membuat Pie Rose. 

Resep Pie Rose

Bahan Pastry :
Terigu Cakra 250 gr
Butter 125 gr
Gula pasir (Pilih yang butirannya agak halus) 75 gr
Garam ½ sdt
Air Es

Bahan Apel :
Brown Sugar 4 sdm
Kayu Manis Bubuk ½ sdt
Apple Juice 250 ml
Apple 3 buah

Cara membuat :
Untuk Apple 
Sebaiknya gunakan Apel Fuji atau Apel Malang, karena Apel ini tidak lembek atau benyek saat direbus. Iris apel tipis-tipis berbentuk seperti busur.

Rebus Apple Juice dengan api sedang, lalu masukan brown sugar, kayu manis bubuk, dan buah apel yang telah diiris tipis. Tutup, dan didihkan selama 3 menit.

Setelah itu tiriskan rebusan apel, lalu diamkan di dalam kulkas. Apel sebaiknya didiamkan selama sehari. Jadi besoknya baru digunakan untuk membuat Pie Rose. Ini maksudnya agar brown sugar dan kayu manis bubuk dapat meresap ke dalam apel, sehingga rasa apelnya menjadi lebih enak.

Potongan apel yang telah direbus

Untuk Pastry 
Campurkan semua bahan pastry. Aduk bahan menggunakan mixer, sampai bahan menjadi kalis. Lalu diamkan selama 1 jam (boleh simpan di kulkas). 

Setelah didiamkan, giling tipis adonan. Bisa giling menggunakan penggiling ampia (giling bertahap, mulai dari ketebalan 7 -> 5 -> 2).

Kemudian adonan yang sudah digiling dipotong-potong, dengan lebar 2 cm dan panjang 25 cm.

Potong memanjang adonan pastry

Membuat Pie Rose
Ambil satu adonan pastry yang telah dipotong. Susun satu persatu potongan apel yang telah direbus disepanjang adonan pastry. Letakkan apel dengan posisi bagian yang melengkung, keluar dari adonan pastry. Susunan antar apel juga harus rapat, dan menimpa bagian tengah apel yang satu dengan apel lainnya. 


Setelah itu gulung pelan adonan pastry yang telah diberi apel. Tekan pelan apel agar tidak menggelincir keluar saat menggulung.



Nah, sudah kelihatan kan Pie Rose-nya :D Tinggal di panaskan dalam oven (suhu sekitar 180 derajat celcius) selama 30 menit.
Setelah Pie Rose matang, taburi dengan gula donat. Pie Rose siap disantaaap 😊

Panaskan dalam oven
Pie Rose selesai dipanggang
Taburi dengan gula donat

Gampangkan bikinnya. Pie Rose ini disantap selagi hangat, enak. Namun dimakan dingin juga yummy. Tahan disimpan di kulkas selama 1 bulan. Pie Rose bisa dijadikan sebagai teman untuk santap buka puasa atau buat hidangan kue hari raya nanti. Eh, buat hari-hari biasa juga bisa dong! Selamat mencoba 😃
  



Foto : Pribadi

16 komentar:

  1. bikinin dong nanti aku dikasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha..nih, tangkaaap, sisanya.. wkwkwk

      Hapus
  2. Balasan
    1. *sodorin elap, eh Pie Rose:D

      Hapus
  3. Oalah gitu caranya bisa berbentuk mawar. Nggak kepikiran, hahaha.
    Kapan-kapan aku coba ah. Kebetulan anak-anak suka pie.
    Makasih sharingnya mba.

    BalasHapus
  4. Kalau udah bikin bagi aku ya mba, ntar tak review hasilnya *ehhh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halaah... *lemparin tepung :D

      Hapus
  5. Ilmu keren... Bisa jadi kaya bunga mawar gitu itu sesuatu banget ya ��

    BalasHapus
  6. Wuaaah kayaknya enak dan gak terlalu susah ya bikinnya?. Makasih yaaa resepnya...

    BalasHapus
  7. Waah keliatannya enak n simpel yaa..
    Aku mah dah nyerah duluan klo bikin kue...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyahaha...jangan gampang nyerah dong mbaa :D

      Hapus
  8. aku dari dulu pengen bisa bikin kue kayak gini, mentok2 cuma bisa bikin bolu karamel hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha sekarang coba bikin Pie Rose mbaa :D

      Hapus