Kamis, 03 Maret 2016

7 Magnificent, Revolusi Terbaru JNE untuk Pelanggan di Seluruh Indonesia

Saya ingat dulu waktu saya masih kecil, ketika menemani mama mengirimkan paket buat kakak yang lagi menimba ilmu di negeri orang. Mama harus membungkus paket dengan baik, lalu mengantarkannya ke tempat pengiriman barang. Habis itu mama langsung menelpon kakak mengabarkan bahwa mama baru saja mengirimkan paket untuknya.

Mama meminta kakak untuk memberikan kabar jika kakak sudah menerima paket tersebut. Butuh waktu seminggu bagi mama menunggu kabar dari kakak. Belum lagi kalau ternyata paket belum sampai dalam waktu yang lama. Mama harus datang lagi ke tempat jasa pegiriman barang dan menanyakan perihal paket yang masih belum juga sampai. Pokoknya repot deh!

Tapi itu dulu, saat internet masih belum berkembang pesat seperti sekarang, dan belum ada jasa pengiriman barang yang benar-benar mampu memberikan pelayanan yang optimal bagi masyarakat. Sejak penggunaan internet menjadi trend, dan bisnis online mulai banyak diminati, secara tidak langsung jasa pengiriman barang menjadi kebutuhan yang sangat penting. Layanan pengiriman paket yang cepat menjadi nilai plus bagi bisnis online di mata pelanggannya.

Memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan merupakan komitmen dari salah satu jasa pengiriman barang terbesar di Indonesia saat ini, yaitu JNE. JNE yang mempunyai nama lengkap Jalur Nugraha Ekakurir ini sudah berdiri sejak tahun 1990, dengan berbagai kegiatan kepabeanan, impor kiriman barang, dokumen, serta pengantarannya dari luar negeri ke Indonesia.


JNE terus berkembang seiring berjalannya waktu, dan terus memperluas usahanya hingga jasa pengiriman makanan khas daerah (PESONA), jasa kepabeanan, penjemputan di bandara, dan pengiriman uang/ money remittance. Bahkan di tahun 2014  JNE mempersiapkan diri menghadapi Perdagangan Bebas Asean dengan membangun 250 kantor operasional dan 5000 jaringan outlet di seluruh Indonesia.

Sebagai pelanggan setia JNE, saya terus mengamati dan menikmati setiap upgrade yang telah dilakukan oleh JNE. Saya sangat senang ketika mengetahui bahwa JNE menghadirkan fitur trace & tracking di web-nya sehingga memudahkan saya untuk mengecek paket yang telah saya kirim atau saya pesan. Juga dengan sistem pengecekan tarif yang disediakan JNE, saya merasa sangat terbantu dengan adanya fitur ini. Bahkan saudari saya yang bekerja sebagai salah satu karyawan di perusahaan telekomunikasi swasta pernah juga mengungkapkan rasa senangnya dengan adanya layanan JESIKA (Jasa jemput & antar ASI).

Namun ternyata JNE tidak berpuas diri begitu saja dengan apa yang telah dicapainya. Belakangan saya sempat mendengar bahwa JNE akan meluncurkan beberapa program baru sekaligus. Wah, saya jadi penasaran inovasi apalagi yang akan diberikan JNE pada pelanggannya ya?


Mendapat undangan dari JNE untuk bisa menyaksikan langsung, serta mengetahui untuk pertama kalinya program apa yang akan diluncurkan oleh JNE, tentu merupakan satu kebanggaan tersediri bagi saya. Sebuah revolusi baru yang dinamakan 7 Magnificent JNE ini diluncurkan di D’Consulate Epicentrum Walk LG Kuningan Jakarta pada hari Senin, 29 Feruari 2016 kemarin, dan dihadiri oleh teman-teman blogger dan media.


Kemal TJ memandu acara dengan apik dan kocak sehingga suasana terasa hangat dan menjadi lebih hidup. Pertama Kemal memperkenalkan para pejabat JNE yang hadir, seperti Bapak M. Feriadi selaku Presiden Direktur JNE, Andiran Lim selaku CEO dan Founder JNE PopBox,  Edi Santoso selaku Direktur Operasioal, Agusnur Widodo sebagai General Manager Express, Eri Palgunadi selaku Vice President of Marketing JNE, serta rekan partner JNE yang ikut membantu dalam pelaksanaan revolusi terbaru JNE.

Bpk. M. Feriadi
Saat memberikan sambutan, Bapak Feriadi mengatakan bahwa tahun lalu JNE baru saja merayakan ulang tahun yang ke-25 dengan mengusung tema ‘Merangkai Nusantara’. Dan di tahun 2016 ini JNE ingin melakukan investasi yang cukup besar dalam rangka men-support misi JNE ke depannya.

JNE berencana membangun infrastruktur serta memperbaiki IT-nya. Untuk infrastruktur sendiri JNE menggelontorkan dana sebesar 400 miliar rupiah, sedangkan untuk meperbaiki IT sebesar 55 miliar rupiah. Pada acara ini JNE resmi memperkenalkan serta merealisasikan rencana yang sudah disusun pada akhir tahun lalu dengan menghadirkan 7 Magnificent.

Walau sudah berkembang besar JNE tak pernah lupa akan tanggung jawab sosial perusahaannya. Setiap mengadakan event,  JNE  berusaha memberikan sedikit rejekinya pada mereka yang berhak menerima. Seperti pada acara ini, JNE memberikan santunan pada anak-anak yatim piatu. “Semoga bermanfaat ya, dek!” J

JNE beri santunan untuk anak yatim piatu
“7 Magnificent di sini adalah 7 produk yang mudah-mudahan bisa memberikan solusi yang paling baik bagi masyarakat. 7 produk ini diantaranya Aplikasi myJNE, @box Prepaid, CD Music JNE, Layanan Super Speed, Layanan Internasional Shipment, Layanan PopBox, serta Layanan JNE Trucking,” jelas Bapak Feriadi.


Untuk lebih jelasnya Bapak Eri Palgunadi memaparkan apa saja yang terdapat dalam 7 Magnificent JNE. Bapak Eri mengatakan bahwa JNE hadir di nusantara mulai dari Sabang hingga ke Merauke. Dan semua itu hanya untuk satu tujuan, yaitu agar JNE selalu bisa membahagiakan banyak pihak, baik pengirim maupun penerima barang.

7 Magnificent yang merupakan 7 revolusi terbaru dari JNE ini adalah :

1. @ Box Prepaid
Merupakan produk berbentuk kotak kardus (box) sebagai alat pendukung pengiriman. Box ini diperjualbelikan dimana harga box sudah termasuk ongkos kirim, sehingga harga menjadi lebih efektif dan efisien, karena ongkos kirim yang dikenakan dihitung per box bukan per kilo-nya. Saat ini masih tersedia untuk wilayah DKI Jakarta, dan untuk ke depannya akan dikembangkan juga untuk wilayah lainnya.

Jenis box prepaid :
- @box 2 Prepaid (Rp 22.000)
Ukuran : P.30 x L.30 x T.12   (Volumetric = 1,9 m3 )
- @box 3 Prepaid (Rp 40.000)
Ukuran : P.35 x L.33 x T.17   (Volumetric = 2,7 m3 )

2. JNE Music
- JNE melihat bahwa industri kreatif  harus terus didukung. Ini bisa dimulai dengan mendukung kampanye “Stop CD Bajakan”.
- JNE berharap para pelanggan bisa menjadi bagian dari kampanye “Stop CD Bajakan” dengan memberikan solusi berupa penjualan CD Music Indonesia di 153 gerai JNE di seluruh Indonesia serta di website PESONA.

3. Layanan Super Speed



- Layanan super cepat yaitu layanan pengiriman paket yang sebelum satu hari sudah sampai ke tangan si penerima.
- Saat ini JNE sedang promo dan memberikan harga khusus, yaitu 40.000 rupiah per kilogram-nya, dan untuk berat selanjutnya akan dikenakan biaya 4000 rupiah per kilogram-nya.
- Promo berlaku mulai dari tanggal 8 Februari hingga 7 Maret 2016 (ada kemungkinan akan diperpanjang) dari pukul 08.00 – 15.00 WIB, khusus pengiriman dari dan tujuan Jabodetabek.

4. International Shipment
- Sebelumnya JNE sudah melakukan pengiriman ke luar negeri. Namun dengan partner yang baru seperti DHL untuk pengiriman paket ke Eropa dan Sung Fung untuk pengiriman paket ke negara-negara Asia, maka JNE yakin bisa memberikan harga layanan packing yang cukup kompetitif, karena ini merupakan hal yang penting jika kita melakukan pengiriman paket lintas udara.
- Promo juga dilakukan JNE untuk layanan ini yaitu berupa diskon khusus untuk tujuan Singapura karena potensi pengiriman ke Singapura yang terlihat cukup tinggi.
- JNE berharap layanan ini akan menarik bagi para pelajar dan mahasiswa karena di era MEA,  JNE ingin agar bisa mengirimkan barang-barang UKM ke negara-negara Asia Tenggara.

5. JNE Trucking (JTR)
- Merupakan pengiriman paket melalui jalan darat dalam jumlah besar (minimal 10 kg) dengan tarif yang lebih murah.
- Selama periode 7 – 31 Maret 2016 ada promo berupa diskon 7% bagi yang ingin menggunakan jasa JTR. Promo ini berlaku di 7 kantor perwakilan Jakarta ke seluruh tujuan.
- JTR baru berlaku untuk wilayah Sumatera, Jawa, dan Bali.
- Layanan diharapkan bisa menjadi solusi bagi para UKM dan e-commerce.

6. JNE PopBox


Contoh JNE PopBox
- Layanan ini sangat berguna bagi pelanggan yang jarang berada di rumah, yang rumahnya sering kosong, sehingga saat paket datang tidak ada yang bisa menerimanya.
- JNE menyediakan box khusus bagi pelanggan berupa loker otomatis yang mudah dan aman.
- Ukuran lokernya pun beragam, bisa disesuaikan dengan kebutuhan yaitu XL, L, M, S, dan XS
- JNE PopBox saat ini tersedia di 32 lokasi di Jakarta, yang tersebar di pusat perbelanjaan, stasiun kereta, dan kampus-kampus.
- Untuk dapat menikmati layanan PopBox pelanggan harus menjadi pelanggan JNE Loyalty Club, dan saat ini hanya bisa dibeli di 12 kantor perwakilan  JNE di Jakarta.

7. Aplikasi myJNE

- Aplikasi myJNE dibuat untuk membantu pelanggan agar lebih mudah dalam melakukan transaksi.
- Saat ini sudah banyak masyarakat yang melakukan transaksi via mobile. Untuk itulah aplikasi myJNE hadir, agar semua proses transaksi pengiriman bisa dilakukan dengan mudah oleh pelanggan via mobile-nya.






- Fiturnya hampir sama dengan yang ada di website, seperti misalnya pelanggan dapat mengecek tarif pengiriman ke seluruh Indonesia, memonitor status pengiriman, lokasi JNE terdekat, dan melakukan transaksi jual beli antara penjual dan pembeli secara individual.
- Namun pada aplikasi myJNE terdapat fitur-fitur baru, seperti fitur data history dan My COD.


- Fitur data history memungkinkan user untuk melihat transaksi yang pernah dilakukan sebelumnya.
- Sedangkan fitur My COD (Cash On Digital) memungkinkan para individual seller menghubungkan data pesanan toko online-nya dengan sistem JNE.
- Fitur My COD memberikan layanan pembayaran belanja online dengan sistem esrow melalui Bank Permata, sehingga para penjual dan pembeli dapat melakukan transaksi secara aman, mudah, dan terkontrol.
- Fitur layanan My COD diperuntukan bagi pengguna yang sudah terdaftar (registered user).

JNE hadir untuk memberikan solusi agar bisa membuat hidup kita menjadi lebih mudah, baik dalam berbisnis maupun dalam kehidupan sehari-hari. JNE bisa memberikan solusi yang paling baik supaya apapun kegiatan kita, dengan memanfaatkan semua fitur dan layanan yang ada pada JNE, kita akan lebih mudah, dan mulai terbiasa dengan hal-hal yang tentunya dapat memberi support dalam kehidupan kita sehari-hari.

Serah terima plakat sebagai cinderamata untuk partner JNE
Selamat berevolusi JNE, semoga selalu memberikan yang terbaik bagi pelanggan. Terima kasih sudah membuat hidup ini menjadi lebih simpel, praktis, dan efisien dengan hadirnya 7 Magnificent J


Sumber Foto dan Video : Pribadi dan jne.co.id

19 komentar:

  1. 7 produk unggulan dari JNE yg bisa membantu masyarakat ya

    BalasHapus
  2. Saya pelanggan JNE karena mengelola sebuah toko online yang merangkap sebagai owner dan kurir. Semangat di pusat seringkali tidak sampai ke mitra-mitra JNE di daerah sehingga perubahannya tak terasa sampai tingkat konsumen. Saya kerapkali dibuat kecewa oleh JNE karena komplain berbelit-belit dan harus menunggu birokrasi hingga berbulan-bulan.

    Terakhir, saya komplain JNE Yes ke Jakarta ternyata dikirim dalam 2 hari, harusnya kan sehari. Komplain sejak setelah Natal, sampai sekarang belum ada jawaban.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanggal merah ga dihitung dalam hri pengiriman bro.

      Hapus
    2. tanggal merah ga dihitung dalam hri pengiriman bro.

      Hapus
    3. Tanggal merah dihitung kalau YES. kalau Reg ga dihitung gan :v makanya jangan langsung jeplak

      Hapus
  3. Di hitung tgl merah klo pake YES, klo pk REG baru ga di hitung tgl merah..

    BalasHapus
  4. kalo 6 kg bisa menggunakan JTR nggak..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  5. pake JTR dari gresik ke bekasi berapa hari ya?

    BalasHapus
  6. Pengiriman pakek jtr dari jakarta ke bondowoso jawa timur tgl 6 agustus 2016 statusnya on proses gak ada peegerakan sampai sekarang maksudnya gimana ini

    BalasHapus
  7. Pengiriman pakek jtr dari jakarta ke bondowoso jawa timur tgl 6 agustus 2016 statusnya on proses gak ada peegerakan sampai sekarang maksudnya gimana ini

    BalasHapus
  8. saya pengen kirim TV led sekitar 40 inch
    kira-kira berapa harga ? jika dengan paket kayu + asuransi ?

    BalasHapus
  9. apakah bisa kurir jne menjemput barang yang mau dikirim ? karna kebetulan saya setiap hari mengirim barang dengan jne.. apakah bisa

    BalasHapus
  10. Cari Tiket Pesawat dan tiket kapal Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI:
    No handphone : 085372801819

    BalasHapus
  11. Saya baru gabung di myJNE, dan alhamdulillah semua permasalahan pengiriman paket terselesaikan karena langsung bisa menghubungi pihak JNE, walaupun agak sedikit telat dalam pengiriman dikarenakan paket misrout oleh kurier..
    Terimakasi MYJNE Sukses slalu

    BalasHapus