Rabu, 17 Februari 2016

Kemenpar Adakan Lomba Bertajuk Pesona GMT Berhadiah Puluhan Juta Rupiah

Indonesia memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa. Mulai dari Sabang hingga ke Merauke, terhampar kekayaan dan keindahan alam yang mampu memukau para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara untuk datang berkunjung.

Indonesia benar-benar wonderful! Terdiri dari banyak pulau, danau, gunung, sungai dan hamparan laut yang memancarkan keindahan alaminya. Siapa yang tidak mengetahui Kepulauan Raja Ampat, Kepulauan Belitung, Pulau Derawan, Taman Laut Bunaken, Pantai Dreamland, Gunung Rinjani, Gunung Bromo, Danau Toba, Danau Sentani, Goa Kalisuci, dan banyak lagi yang lainnya, yang mungkin belum terekspos.

Beberapa informasi mengenai destinasi ini mungkin hanya bisa kita dapatkan di berbagai media yang kita baca atau tonton. Atau kamu sudah pernah mengunjungi tempat-tempat eksotis yang ada di negeri ini? Atau berencana mau berkunjung ke sana?

Bagi kamu yang sudah pernah berkunjung, tidak ada salahnya untuk mendokumentasikannya, baik dalam bentuk tulisan, foto maupun video. Dengan begitu, teman-teman yang lain dapat mengetahui informasi mengenai tempat yang telah kamu kunjungi tersebut. 

Tak lama lagi, tepatnya tanggal 9 Maret akan terjadi fenomena alam yang langka yaitu Gerhana Matahari Total (GMT). Menurut data dari Lapan, GMT ini diprediksi bakal melewati 11 daerah di Indonesia, yaitu Palembang, Bangka, Belitung, Palangkaraya, Balikpapan, Luwuk, Sampit, Halmahera, Poso, Palu, dan Ternate.


Nah, bagi kamu yang kebetulan berada pada daerah yang bakal dilewati GMT tersebut, jangan lupa untuk mengabadikan peristiwa langka ini ya! Karena tulisan, foto dan video yang kamu buat, bisa diikutsertakan dalam lomba yang diadakan oleh Kementerian Pariwisata lho!

Namun bukan cuma mengenai GMT ini saja, kamu juga bisa menyingkap pesona alam, budaya, dan kuliner di tempat-tempat yang bakal dilewati GMT ini. Pokoknya tema tulisan, foto, dan videonya adalah mengenai 11 destinasi GMT ini, yang dikemas dalam Pesona Indonesia.

Menurut Bapak Putu Ngurah selaku Asisten Deputi Komunikasi Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar, GMT merupakan peristiwa langka, yang hanya terjadi setiap 350 tahun sekali. Dengan kompetisi ini, peserta lomba dapat mengangkat dan memperkenalkan pesona alam yang ada di daerah-daerah. Selain kompetisi ini, Kemenpar juga ingin agar informasi mengenai GMT ini diketahui oleh masyarakat. 
Bapak Putu Ngurah
Acara Sosialisasi Kegiatan Kompetisi Peristiwa GMT, yang diadakan di Hotel Santika Hayam Wuruk pada Selasa kemarin (16/2) juga menghadir para juri yang akan menilai karya dari peserta lomba. Mereka adalah Trinity (Travel Writer), Barry Kusuma (Photographer), Febian Nurrahman (Videographer), Bambang Wijarnako dari Kemenpar, serta Agus Ryan dari Panorama Media.

Beberapa juri yang hadir, (ki-ka) Agus Ryan, Febian Nurrahman, Barry Kusuma, dan Trinity
Kompetisi yang berlangsung mulai 1 Maret hingga 30 April ini akan dibagi menjadi dua kategori, yaitu jurnalis dan umum. Jadi semua warga negara Indonesia boleh mengikuti kompetisi ini, yang penting hasil karyanya harus orisinil dan terkait dengan Pesona GMT.

Hadiahnya keren abis! Juara pertama akan mendapatkan uang tunai sebesar 15 juta rupiah, plus travel bag, voucher menginap, souvenir, dan piagam. Juara kedua, uang tunai 10 juta rupiah, voucher menginap, souvenir, dan piagam. Dan juara ketiganya akan mendapatkan uang tunai 5 juta rupiah, voucher menginap, souvenir, dan piagam. Komplit yah hadiahnya, bikin mupeng :D

So, kamu berminat? Bagi kamu yang sudah berada di daerah yang bakal dilalui GMT, tinggal santai saja sambil menunggu peristiwa langka ini terjadi, lalu abadikan! Atau mau nyicil tulisan dulu? Sambil hunting foto buat persiapan lomba :D

Sedangkan bagi kamu yang berada di ‘luar jangkauan’ GMT, dan berminat untuk ikutan kompetisi ini, siapkan saja kopermu, plus tiket untuk bisa berangkat menuju salah satu dari destinasi Pesona GMT ini :D

Untuk mengetahui syarat dan ketentuan lomba ini, serta submit hasil karyamu, kunjungi microsite www.indonesia.travel/pesonagmt. Jangan lupa untuk mengikuti akun media sosial Kemenpar (Facebook:indonesia.travel, Twitter:@indtravel, Instagram:@indtravel dan Youtube:indonesia.travel) untuk mengetahui informasi terkini tentang Pesona GMT ini.


4 komentar:

  1. Ini harus berada di kota yang dilewati GMT saat GMT? Kalau menceritakan wisata kota tersebut dan persiapan menyambut GMT, apa boleh? Makasih banyak infonya

    BalasHapus
  2. Siapkan saja kopermu, plus tiket untuk bisa berangkat menuju salah satu dari destinasi Pesona GMT ini? Waduh... Yo wis kesempatan berharga untuk yang ada di 11 destinasi GMT ini. Selamat berkompetisi !

    BalasHapus
  3. Cari Tiket Pesawat dan tiket kapal Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI:
    No handphone : 085372801819

    BalasHapus