Minggu, 31 Januari 2016

Miao Mi, Saluran Edutainment Mandarin untuk Anak-Anak

Bicara mengenai saluran televisi yang bisa di tonton, saya menerapkan aturan yang lumayan ketat buat anak-anak. Karena menurut saya masih banyak saluran televisi yang tidak begitu bersahabat bagi anak-anak. Seperti saluran televisi yang terkadang menyajikan film atau acara dengan adegan yang kurang pantas, dan bahasa yang kurang mendidik.

Yang namanya anak-anak adalah seorang peniru ulung. Mereka selalu cepat menangkap apa saja yang mereka lihat, kemudian menirunya. Saya pernah kaget mendengar dialog seorang anak kecil dengan teman sebayanya di sebuah sekolah dasar.

“Eh, lo jangan main bareng anak itu yah! Dia anaknya najis tralala,” bisik anak kecil itu pada teman yang berdiri di sampingnya.

“Goblok lo! Mana mau gue main sama dia,” jawab teman di sebelahnya.

Ya ampun, kaget plus nggak percaya saya mendengar percakapan mereka. Langsung anak-anak tersebut saya tegur dan kasih nasehat. Kemudian saya tanya baik-baik, darimana mereka memperoleh kata najis tralala dan goblok. Ternyata dari sinetron remaja yang sering mereka tonton di rumah. Wedeww… L

Anak memang cepat sekali meniru. Maka, alangkah baiknya jika di saat otak mereka sedang bagus-bagusnya merekam ini, kita berikan mereka tontonan atau sajian yang baik, yang dapat mengedukasi dan juga menginspirasi mereka.

Dan yang namanya anak-anak, biasanya akan cepat bosan dengan sajian edukasi jika tidak ditampilkan dengan cara yang menarik. Yaah, kita yang dewasa saja suka boring juga kan dengan sajian yang bisa menguras otak jika tidak disajikan dengan menarik? Apalagi anak-anak J

Kemarin saya mendengar bahwa akan hadir sebuah saluran televisi untuk anak-anak di Indovision (Channel 38). Namanya Miao Mi dengan dual bahasa yaitu Indonesia dan Mandarin. Awalnya bingung, kenapa musti bahasa Mandarin ya? Trus isi salurannya apa saja, apa film semua?

(Dok. Pribadi)
Saluran Anak Mandarin Miao Mi ini resmi diluncurkan pada hari Kamis, 28 Januari 2016 kemarin di Lollipop Playland Kuningan Jakarta. Pada acara ini akhirnya saya tahu kenapa salurannya berbahasa Mandarin, kenapa namanya lucu ‘Maio Mi’, trus apa saja program yang ada di dalamnya.

Offany Choi, Executive Vice President, TV Networks, Celestial Tiger Entertainment yang hadir pada saat peluncuran Miao Mi mengatakan bahwa Miao Mi diperuntukkan untuk anak usia 3 – 6 tahun, dan bertujuan mengedukasi anak-anak untuk dapat belajar bahasa mandarin dengan cara yang menyenangkan.

Miss Offany Choi
(Dok. Pribadi)
Sedangkan Bapak Yudha Wibawa, Deputy CEO, PT. MNC Skyvision, Tbk menyambut baik kehadiran Miao Mi di Indonesia. “Indovision memilih memasukkan saluran Miao Mi ke Indonesia, karena Mandarin merupakan bahasa kedua terbanyak yang digunakan orang di dunia setelah bahasa Inggris,” jelasnya.
Bapak Yudha Wibawa
(Dok. Pribadi)
Mungkin masih banyak diantara kita yang kurang mengetahui bahwa bahasa mandarin merupakan bahasa nomor dua terbanyak yang digunakan, karena bahasa mandarin bukan merupakan bahasa internasional.

Saya sendiri menyadari bahwa bahasa mandarin perlu dipelajari yaitu sejak saya tamat kuliah dan mulai mencari pekerjaan. Beberapa syarat untuk bisa melamar pekerjaan di suatu perusahaan adalah harus menguasai bahasa Inggris atau bahasa Mandarin, tuh kan! J

Saya akui, selain tidak memperoleh pendidikan bahasa Mandarin di bangku sekolah, mempelajari bahasa Mandarin ini membuat otak saya keriting. Selain bahasanya yang beda, penulisan hurufnya itu lho! Susahnya minta ampun, sama susahnya dengan bahasa Jepang dan Korea, hihi…

Makanya saya ikut senang akan kehadiran saluran Miao Mi di Indonesia, karena masih jarang saluran televisi yang berbahasa mandarin, dikemas dengan menarik, dan bisa mendidik juga, khususnya buat anak-anak. Namun walaupun begitu, tidak menutup kemungkinan saya sendiri pun bisa ikut belajar bahasa Mandarin lewat channel yang satu ini, hehe…

Oya, untuk penamaan Miao Mi sendiri ternyata memiliki arti wonderful atau ‘Woow, luar biasa’. Miao Mi juga merupakan panggilan untuk seekor kucing, sesuai dengan maskot Miao Mi yang berbentuk kucing.

Anak-anak menonton salah satu program di saluran Miao Mi ditemani Maskot Miao Mi
Nah, untuk program-program yang ada di Miao Mi ternyata sangat edukatif banget. Seperti Star Babies yang mengajarkan balita untuk berbuat kebaikan dan nilai sosial, Ruby Animals and Nature yang mengajarkan tentang alam dan hewan, Bellbug Popo yang merupakan bayi bug lucu dan suka mendapat pelajaran hidup yang berharga di dunianya yang ramah lingkungan, lalu ada Miao Mi Classroom yang mengajarkan bahasa Mandarin, dan banyak lagi program menarik lainnya, termasuk penayangan film yang penuh inspirasi tiap akhir pekannya.

Berbagai macam program yang ada di Miao Mi
(Dok. Pribadi)

Eh, pada acara ini juga hadir Melissa Karim beserta anaknya Jazz. Tau kan Melissa Karim? Itu lho, artis yang juga presenter TV. Melissa menceritakan pengalamannya dalam memberikan tontonan televisi pada Jazz.

Melissa Karim, Jazz dan Maskot Miao Mi
(Dok. Pribadi)
“Saya sih sebenarnya tidak kasih Jazz nonton TV tiap hari, tapi saya juga bukan tipe orangtua yang ngelarang anaknya nonton TV. Jazz emang jarang nonton TV sampai lama, paling dua program, abis tu dia main yang lain,” tutur Melissa.

Melissa juga mengatakan bahwa untuk anaknya dia memang memilih program-program televisi apa saja yang boleh ditonton dan apa saja yang tidak boleh. Dia selalu memilih saluran televisi yang berkualitas. “Saluran TV yang bagus itu harus ada moral message-nya, apalagi untuk anak-anak. Karena apa yang mereka tonton, mereka lihat, dan yang mereka dengar, itu sangat gampang mereka praktekin,” jelasnya lagi.

Melissa saat menemani Jazz nonton Miao Mi
(Dok. Pribadi)

Tayangan yang ada di Miao Mi ternyata juga dapat mengembangkan kemampuan berbahasa, kemampuan kognitif, kemampuan motorik, kemampuan bersosialisasi, belajar nilai kehidupan, budaya dan nilai Asia pada anak-anak. Sebaiknya kita sebagai orangtua tidak membiarkan anak-anak menonton televisi sembarangan. Jadilah orangtua cerdas yang memberikan tontonan berkualitas bagi anak-anak, agar anak-anak dapat tumbuh menjadi anak yang cerdas dengan pribadi yang baik kelak J
Program Bellbug Popo di Saluran Miao Mi
(Dokumen Pribadi)

18 komentar:

  1. bagus acaranya mendidik, dibanding acara ditv lokal saat ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Mba, sekarang rada susah nyari channel yang berkualitas buat anak-anak

      Hapus
  2. Konsep yg di tawarkan miao mi bagus.. Kreatif dan mendidik.. Semoga dicontoh juga sama tv lokal ya...

    BalasHapus
  3. Smg saja mampu mengedepankan acr pendidikannya dibanding entertainmentnya,...

    BalasHapus
  4. suka bgd sm kartunnya mak, lucu2 :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya aja pengen bawa pulang tu maskot Miao-nya Mba, saking lucunya :D

      Hapus
  5. iya kayaknya seru yah buat belajar bahasa Mandarin tapi dengan cara yang fun..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, biasanya lebih cepet nangkep kalo belajarnya dengan cara yang fun ya :)

      Hapus
  6. Aku pun termasuk ibu yang ketat soal nonton tivi. Di rumah saya cuma punya tivi analog 14 inci yang udah tua banget. Itupun dikasih kakeknya anak-anak. Sampai seakarang belum punya tivi yang bagus. Salah satu alasannya karena tayangan di tivi lebih banyak negatifnya. Tapi kalau acara yang di tonton bernilai edukasi seperti Miao Mi ini, jadi ngga khawatir lagi kalau anak-anak minta nonton tivi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi...Mari kita belajar, eh nonton mbaa :D

      Hapus
  7. Waaaaaah. sayang banget di rumah gak ada nih. Celestial Movie juga gak punya. Hiks. Anak saya nonton tv juha cuma sabtu minggu sih. Menariknya bisa belajar bahasa mandarinnya itu loh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapaknya yang pengen belajar Mandarin ato buat anaknya niih :D Yuk ah, cari yang ada Celestial Tiger nya :)

      Hapus
  8. Bahasa Mandarin emg susah. Ngeliat buku pelajaran anak saya, gak ngerti sama sekali. Masih mencari cara untuk belajar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin ini bisa jadi salah satu solusi buat emak dan anaknya belajar Mandarin Mba :D

      Hapus
  9. Hehehe, di tempat saya cuma ada tivi gratisan. Kontrol ketatnya berupa tayangan apa saja yang boleh ditonton anak-anak, dan daftarnya cuma Pada Zaman Dahulu, Upin Ipin dan Boboi Boy. Hahaha, Malaysia semua. Makanya anak-anak sekarang mahir cakap Malaysia macam Kak Ros. :D

    BalasHapus
  10. Cari Tiket Pesawat dan tiket kapal Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI:
    No handphone : 085372801819

    BalasHapus