Senin, 21 September 2015

Sarana Pendidikan yang Berkualitas di Summarecon Bekasi

Untuk memeriksa uang, asli atau palsunya perlu diamati, diraba dan diterawang dulu. Begitupun dengan mencari sebuah rumah dan sekolah, perlu dilihat, diperiksa dan dicari informasi yang akurat mengenai rumah yang ingin kita beli. Sama seperti kita jiks hendak mencari pasangan hidup, harus meyakinkan deh! :D

Karena kalau sudah meyakinkan dengan informasinya yang akurat, tentu tidak akan ada kata penyesalan saat kita telah menetapkan untuk memilih apa yang telah kita yakini J

Saat ini memilih rumah tinggal, lengkap dengan segala fasilitas yang memadai menjadi tolak ukur seseorang untuk mencari rumah, begitupun dengan saya. Beberapa kriteria dasar untuk memilih rumah sudah ada dalam daftar saya.

Yang pertama adalah dari segi keamanan dulu. Apakah daerah tersebut rawan kejahatan? Penting sekali untuk mencari informasi mengenai hal ini. Daerah yang tidak aman, tentu akan membuat hidup saya merasa tidak nyaman, bahkan di dalam rumah sekalipun. Kemungkinan saya akan sering dihantui rasa was-was dan ketakutan. Tidur pun jadi tidak nyenyak, khawatir saat lagi sendirian, atau pun saat rumah ditinggalkan kosong.

Lalu yang kedua adalah situasi dari letak rumah tersebut. Apakah rumah tersebut rawan banjir? Tidak akan nyaman bagi saya jika terjadi hujan sedikit saja, area sekitar rumah sudah digenangi air. Setiap hujan datang, saya akan kerepotan menyelamatkan perabotan agar tidak basah terkena banjir. Belum lagi tembok rumah yang pastinya akan rusak karena keseringan kena banjir. Bahkan untuk keluar rumah pun pasti akan susah L

Yang ketiga yang masuk dalam kriteria dasar saya dalam memilih rumah adalah akses rumah tersebut keberbagai fasilitas umum, seperti pasar, sekolah, tempat beribadah, akses ke jalan umum menuju pusat kota, dan lain sebagainya. Karena jika rumah tersebut jauh dari segala fasilitas tersebut, bisa dibayangkan bagaimana repotnya saya tiap hari ke pasar dan mengantarkan anak ke sekolah. Rasanya seperti tinggal di tempat yang terpencil dan tidak bisa terhubung dengan masyarakat luar L

Dan yang tidak kalah pentingnya lagi adalah masalah listrik dan air. Dua hal ini selalu menjadi perhatian saya saat memilih rumah. Apakah fasilitas listriknya memadai untuk kebutuhan saya sehari-hari. Tidak akan menyenangkan sekali di saat saya lagi memasak nasi menggunakan listrik, lalu menyetrika, dan menyalakan dispenser, tiba-tiba listriknya mati. Dan semua gara-gara kapasitasnya yang tidak mencukupi. Begitupun dengan ketersediaan air, haruslah bersih dan lancar J

Nah, ketika berkunjung ke salah satu kawasan perumahan di Summarecon Bekasi, beberapa kriteria tersebut tidak luput dari perhatian saya. Jika dilihat dari bentuk fisiknya saja, secara keseluruhan rumah-rumah di sini keren-keren semua, modelnya rata-rata modern minimalis. Ada beberapa tipe rumah yang bisa dipilih sesuai dengan yang kita inginkan, mau yang kecil, yang sedang atau pun yang besar.

Summarecon Bekasi terkenal dengan landmark-nya yang berbentuk piramida terbalik, serta flyover-nya yang diberi nama Flyover KH. Noer Ali. Kedua icon Summarecon Bekasi ini, selain terlihat unik, juga sangat menarik dan menambah keanggunan kota kecil ini.

Landmark kota Summarecon Bekasi
Flyover KH. Noer Ali
(Credit by. induny4w4w4.blogdetik.com)
Setiap cluster di sini dilengkapi dengan fasilitas club house. Club House merupakan sebuah tempat yang bisa digunakan untuk berbagai acara, seperti untuk ulang tahun, arisan, tujuh belas Agustus-an, dan lain sebagainya, yang bisa dinikmati secara gratis oleh pemilik rumah di masing-masing cluster.

Dalam club house terdapat ruang multifungsi, kolam renang, dan area bermain untuk anak. Serta masing-masing rumah dilengkapi juga dengan koneksi internet dan TV Cable-nya. Ah senangnya, tidak perlu repot lagi mengurus TV Cable dan koneksi untuk internetan J



Club House di salah satu cluster di Summarecon Bekasi
Oya, satu lagi yang jadi perhatian saya. Kenapa tidak kelihatan kabel-kabel seperti kabel listrik dan telpon melintang di atas tiap-tiap rumah yah? Sepertinya tidak masuk akal jika rumah-rumah keren begini tidak ada listriknya.



Ah ternyata si kabel ini ngumpet di bawah tanah. Yap, di sini untuk semua kabel sudah menggunakan sistem underground, jadi tidak ada lagi cerita kabel yang melintang di tiap perumahan, rapi dan save yah! J

Pengembang juga memperhatikan masalah sirkulasi udara, kebersihan dan kelestarian lingkungannya. Penghijauan dengan cara memelihara berbagai macam tanaman, sehingga pemandangannya jadi terlihat lebih adem, dan udara juga terasa lebih bersih.

Untuk sampah sudah disediakan di depan masing-masing rumah tempat sampah, yang bisa dipilah untuk kabinet sampah yang organik (hijau) dan yang non organik (orange). Hingga saat ini, untuk pengangkutan sampah ini masih dikelola oleh pihak manajemen Summarecon Bekasi.


Bersebelahan dengan salah satu cluster terdapat sebuah danau yang juga masih dikelola oleh manajemen Summarecon Bekasi. Dan cluster yang berada tepat di sebelah danau ini diberi nama Lotus Lake Side Residence. Danau ini berfungsi sebagai pengendali banjir, pemelihara air tanah dan juga untuk menjaga keasrian lingkungan.

Danau yang berada di sebelah Cluster Lotus
Club House di Cluster Lotus
Karenanya, khusus di Cluster Lotus ini disediakan anjungan-anjungan di sekitar danau, yang diberi pagar pengaman berupa reli. Jadi setiap pagi ataupun sore hari, banyak anak-anak, remaja dan juga penghuni lainnya yang bisa menikmati aktivitas mereka di anjungan dekat danau.

Istimewanya, dengan adanya danau di sebelahnya, Cluster Lotus pun memiliki kolam di Club Housenya yang dibuat seolah-olah menyatu dengan danau J


Dalam segi keamanan, masing-masing cluster dilengkapi dengan security dengan pengamanan yang ketat di setiap gerbang masuknya. Belum lagi patroli yang selalu keliling tiap beberapa jam untuk memantau keamanan rumah. Bahkan tiap rumah dilengkapi juga dengan panic button! Mantap deh! J

Rumah aman, nggak banjir, air dan listrik memadai. Nah, kriteria saya yang lain adalah akses dan fasilitasnya nih!

Untuk menuju ke Summarecon Bekasi ternyata sangatlah mudah, karena akses jalan yang dekat, hanya sekitar 10 menit, melalui ruas pintu Tol Jakarta Cikampek (keluar dari Tol Bekasi Barat) dan Jakarta Outer Ring Road. Selain itu tersedia juga shuttle bus serta Stasiun Commuter Line. Akses yang strategis, karena Summarecon Bekasi terletak di tengah-tengah kota Bekasi. Jadi dari Summarecon Bekasi bisa cepat juga kalau mau ke mana-mana nih J

Nah, untuk kebutuhan lain seperti pasar dan sekolah, di Summarecon Bekasi ini terdapat Pasar Modern Sinpasa, Summarecon Mal Bekasi, Bekasi Food City, Downtown Walk, dan banyak lagi yang lainnya. Jadi sepertinya untuk urusan perlengkapan dan persediaan dapur, aman deh! J

Mengenai pendidikan, saya dapat melihat bahwa di Summarecon Bekasi ini sudah terdapat beberapa sekolah, seperti Sekolah Al-Azhar dan BPK Penabur. Keduanya merupakan sekolah yang terkenal dengan kualitas pendidikan yang bagus.

Sekolah Islam Al-Azhar Summarecon Bekasi ini terdiri dari SD, SMP dan SMA, serta dibangun di atas lahan seluas 1 Ha. Terdiri dari 5 lantai, dengan 1 lantai basement dan 1 lantai atap, dengan total luas keseluruhannya mencapai 12 ribu m2.

Credit by. Summarecon Bekasi
Sekolah Islam Al-Azhar Summarecon Bekasi
Sekolah Al-Azhar dilengkapi juga dengan berbagai macam fasilitas seperti monitor LCD, AC di setiap ruang kelas, ruang UKS, perpustakaan, mushola, aula, kantin, koperasi serta beberapa laboratorium. Dan untuk sarana berolah raga disediakan lapangan basket, volley, futsal, badminton serta tenis meja. Hebatnya lagi di sebelah sekolah Islam ini berdiri megah Masjid Raya Al-Azhar yang bisa menampung hingga 1200 jamaah J

Credit by. Summarecon Bekasi
Masjid Raya Al-Azhar yang terletak di sebelah Sekolah Al-Azhar
Salah satu ruang kelas di SD Al-Azhar Summarecon Bekasi


Sistem absen yang sudah terintegrasi 
Loker di gedung SMP Al-Azhar Summarecon Bekasi 
Aula untuk berbagai keperluan
Kantin
Lab Kesenian
Lapangan Basket
Dengan visi dan misi ingin meningkatkan dan mengembangkan pendidikan Islam berbasis ilmu pengetahuan, Sekolah Al-Azhar ini sudah meraih banyak prestasi. Diantaranya Juara 2 Solo Vocal, Cerita Pendek, Bulu Tangkis, Juara Harapan MTQ, Debat Bahasa Inggris dan banyak lagi lainnya yang diraih oleh siswa SMA Islam Al-Azhar 8.


Sedangkan untuk Sekolah BPK Penabur terdiri dari TK, SD, SMP dan SMA. Sekolah Penabur sendiri memulai aktivitasnya di Summarecon Bekasi pada tahun 2013, dengan baru menyediakan jenjang pendidikan SMP dan SMA.

Fasilitas pendidikannya juga terbilang lengkap. Ada tempat bermain, kolam renang, perpustakaan, kantin, ruang pertemuan, beberapa jenis laboratorium, serta lapangan olah raga yang luas yang terdapat di lantai 2 dan 6.

Tak tanggung-tanggung, untuk ekstrakurikulernya, Sekolah Penabur memberikan kegiatan Robotic, English Club, Math & Science Club, Basket, Futsal, Modern Dance, Melukis Manga, Karate, Catur, Ansamble serta Pramuka.

Menjadi sekolah yang unggul dalam pendidikan karakter, iman, ilmu dan pelayanan bagi sesama merupakan penekanan yang diterapkan oleh Sekolah Penabur. Dengan begitu diharapkan para siswa yang lulus dari Penabur bisa menjadi ‘BEST’ yaitu Be Tough, Excel Worldwide, Share with society and Trust in God.

Sama dengan Sekolah Al-Azhar, Sekolah Penabur juga telah banyak menuai prestasi di berbagai bidang, diantaranya juara lomba band dan modern dance yang diadakan di Jakarta dan Bekasi.

Nah, informasi terbaru yang saya dapatkan di Summarecon Bekasi ini adalah akan hadir sebuah universitas ternama di sini. Gedungnya sendiri masih dalam tahap pembangunan. Ingin tahu universitas apa yang akan bergabung di Summarecon Bekasi? Yap, tak lama lagi akan hadir BINUS University di Bekasi!

BINUS University yang berlokasi di Jalan Lingkar Boulevard Kota Summarecon Bekasi ini akan dibangun di atas lahan seluas 36.400 m2.


Di lahan ini nantinya akan berdiri Gedung BINUS University
Rencananya pada bulan Maret 2016, BINUS University akan membuka fasilitas perkuliahan online, yang diberi nama BINUS University Learning Center (BULC). Jadi mahasiswanya dapat melakukan perkuliahan dari jarak jauh, waktu belajar pun jadi lebih fleksibel dengan kualitas serta kuantitas waktu belajar yang sama dengan reguler.

Selain itu, mahasiswa yang ikut BULC juga dapat belajar langsung dengan pakarnya, dengan fasilitas yang disediakan oleh BINUS University, berupa computer tablet, digital library, video conference serta discussion room. Asyik banget yah! :D

Setelah gedung kampus selesai di bangun, yaitu sekitar  tahun 2018 mendatang, barulah BINUS University akan beroperasi penuh, dengan target mahasiswa sekitar 15.000 orang. Ternyata banyak juga mahasiswa yang bisa ditampung di BINUS University Summarecon Bekasi ini ya? Yap, karena gedung kampus ini rencananya akan dibangun lebih besar dari kampus BINUS sebelumnya, serta akan dilengkapi dengan fasilitas yang lebih komplit dan modern.

Selalu memberikan yang the best, sepertinya sudah merupakan prinsip dari manajemen Summarecon Bekasi. Setelah Sekolah Al-Azhar dan Penabur, sekarang akan dilengkapi lagi dengan hadirnya jenjang pendidikan yang lebih tinggi,  dan yang pastinya berkualitas, yaitu BINUS University J

Bahkan untuk memberikan kemudahan tempat tinggal bagi mahasiswa yang nantinya akan kuliah di BINUS University, Summarecon Bekasi mendirikan sebuah apartemen yang terletak bersebelahan dengan kampus ini.

Apartemen yang sedang dibangun, bersebelahan dengan BINUS University
Lengkap sekali fasilitas yang ada di Summarecon Bekasi ini, semua diperhatikan secara detail, baik dari segi keamanan, kenyamanan, kemudahan, keindahan lingkungan, sosial dan bahkan masalah pendidikan pun tak luput dari perhatian manajemen, dengan menyediakan sarana pendidikan untuk mendukung kawasan regional Summarecon Bekasi.

Oya, pihak manajemen juga mengatakan bahwa semua fasilitas yang ada di Summarecon Bekasi memang diperuntukkan bagi warga Summarecon Bekasi. Namun begitu semua fasilitas umumnya juga bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat di sekitarnya. Dua sekolah berkualitas, yaitu Sekolah Al-Azhar dan BPK Penabur pun bisa dijadikan salah satu pilihan sekolah di Bekasi. Begitu pun dengan Binus University, dapat dijadikan sebagai tempat menimba ilmu yang cocok bagi mereka yang ingin mendapatkan pendidikan yang lebih berkualitas.

Dengan dua sekolah berkualitas, dan akan ditambah satu universitas yang tak lama lagi bergabung, serta dengan berbagai fasilitas yang dimilikinya, sepertinya saya tidak akan bisa berpaling dari Summarecon Bekasi ini. Mudah-mudahan saya bisa menjadi bagian dari penduduk kota kecil Summarecon Bekasi dan mencicipi sekolah berkualitasnya suatu saat nanti. Amiin J



Note : Semua gambar merupakan milik pribadi, kecuali gambar yang tertera sumbernya.

3 komentar:

  1. nunggu Binus di Bekasi nih aku jad gak jauh

    BalasHapus
  2. Cari Tiket Pesawat dan tiket kapal Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI:
    No handphone : 085372801819

    BalasHapus