Kamis, 09 Juli 2015

Resep Martabak Mie

Waktu masih ngekos dulu, mie merupakan salah satu makanan favorit saya dan juga teman-teman kos saya yang lain. Selain cara buatnya yang praktis, harganya juga lumayan murah untuk ukuran anak kos, yang kantongnya lebih sering kempisnya dari pada gembungnya :D

Menu mie pun beragam, mulai dari yang berkuah tanpa telur, hingga yang agak elitan yaitu paket internet – indomi telur pake kornet. Masing-masing teman kos biasanya sudah nyetok mie yang banyak untuk digunakan di musim ‘paceklik’:D

Untunglah saya punya teman kos pada baek-baek semua. Jika salah satu teman kos ada yang lagi kanker dan stok mie-nya udah abis, bolehlah pinjam dulu stok mie teman yang lain. Begitu juga dengan bahan-bahan pendukungnya seperti bawang, tomat dan sayur sawi hijau.

Tak jarang juga kami malah bikin mie rame-rame dengan porsi yang besar. Makannya juga rame-rame, jadi makin seru aja kalau sudah pada ngumpul walau buat masak mie doang :D

Dan kalau sudah masak rame-rame, masing-masing teman kos pada ngeluarin sisa-sisa bahan makanan yang mereka punya untuk diolah bersama. Seperti misalnya pada suatu malam, saat semua pada ngumpul di ruang tengah sambil nonton tivi. Tiba-tiba salah seorang teman pengen bikin mie. Eh, semua pada latah pengen bikin juga, hihi. Akhirnya semua pada ngumpul di dapur.

Salah seorang teman yang kebetulan punya stok telur kemudian mengusulkan untuk bikin martabak mie. Yang lain pada kompak bilang ‘hayuuk!’. Saya pun mengeluarkan sisa kornet sapi kalengan yang saya simpan di kulkas. Sedangkan teman yang lain ada yang nyumbang jagung manis, tomat, sawi hijau, mentega, dan lain-lain.

Kami biasanya membuat martabak mie dengan bahan yang ada. Jika yang ada cuma mie dan telur doang, yah bikinnya pake itu aja. Namun jika ada bahan-bahan yang lain, semua pada diceburin aja kedalam adonan mie dan telurnya, hehehe. Bagi saya rasanya enak-enak saja, apalagi jika dimakan rame-rame, makan mie mah serasa makan spageti aja! :D

Nah, setelah bahan-bahan terkumpul kami pun membagi tugas. Ada yang buka kulit bawang dan mengirisnya, ada yang ngerebus mie, ada yang ngerebus jagung, eh ada juga yang cuma bersorak memberi semangat (dipikir lagi lomba basket kali yah!), hehe.

Oya, berikut bahan dan cara membuat martabak mie ala  saya dan teman-teman kos.

Martabak Mie
(Credit by: resepresepmasakan.info)
Bahan yang terkumpul :
-          Mie instan 4 bungkus
-          Telur 4 butir
-          Mentega 1 sdm
-          Jagung manis 1 buah
-          Tomat 1 buah
-          Kentang 1 buah
-          Wortel 1 buah
-          Kornet sapi
-          Merica bubuk secukupnya
-          Garam secukupnya

Cara membuat :
-          Rebus mie hingga agak lunak, lalu tiriskan
-          Kentang dan wortel dikupas, lalu dipotong kecil-kecil, boleh potong dadu atau iris tipis-tipis.
-          Tomat dipotong dadu.
-          Jagung direbus, lalu dipipil.
-          Campurkan semua bahan, mie, telur, kentang, wortel, tomat, jagung, kornet, merica dan garam. Aduk rata.
-          Siapkan wajan panas, masukkan mentega.
-          Masak adonan. Boleh dimasak sedikit-sedikit, seperti bakwan, boleh juga sekaligus seperti bikin telur dadar. Jika sudah berwarna kuning keemasan atau sudah matang, angkat.
-          Siap disantap. Enaknya makan martabak mie pakai saos tomat dan saos sambal J

Oya, bagi yang suka pedes, bisa juga mencampurkan cabe merah kriting yang sudah diris ke dalam adonan yang diaduk. Jika tidak punya bahan-bahan diatas, cara praktis buat martabak mie, cukup dengan bahan mie instan dan telur doang. Tinggal rebus mie, setelah lunak tiriskan mie, lalu campurkan dengan telur, goreng. Jadi deh martabak mie sederhananya J

Kalau kami lebih suka menggoreng martabak mie dengan cara kecil-kecil seperti menggoreng bakwan. Karena hasilnya lebih banyak, kering sampai ke dalam, dan adonan tidak pecah ketika kami harus membalikkannya ketika menggoreng :D

Usai memasak, kami pun kembali ke ruang tengah dan menyerbu si martabak mie ini. Ngumpul jadi lebih seru sambil nonton tivi, sambil ngobrol dan sambil makan jugaa :D Nah, jika sudah kelar, giliran tim hore-hore yang nyuci piring kotor :D

6 komentar:

  1. aku comot satu boleh ya mak :)

    BalasHapus
  2. td sahur juga bikin martabak mie, anak2 doyaaann...

    eh ternyata martabak mie bisa dikasi isian macem2 ya

    BalasHapus
  3. Wktu msh d Banjar srg makan mie. Sekali udh pindah k Tarjun mulai jrg makan mie. Saya dulu diajarin kaka ipar mie goreng direbus dulu stengah mateng. Trs tiriskan taruh d mangkuk yg udh ad kocokan telur. Diaduk2. Trs di tevlon panasin mentega dikit. Tuang adonan mie td. Ntr makannya pake saus abc :-D


    boleh deh resepny d atas mbak klo lg pengen martabak mie ..

    BalasHapus
  4. Wah, favoritnya mak Dewi samaan dg anak-anakku juga ni.
    Gampang masaknya, enak rasanya. Cucok untuk sarapan atau bekal sekolah ya...

    BalasHapus
  5. varaian resep mie, jadi makan mie ngga gitu-gitu doang ya uni. Saya pernah bikin tapi simpel banget, tanpa daun bawang. Enakk

    BalasHapus
  6. Cari Tiket Pesawat dan tiket kapal Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI:
    No handphone : 085372801819

    BalasHapus