Sabtu, 11 Juli 2015

Cara Tradisional untuk Mengobati Batuk dan Pilek pada Si Kecil

Credit by: obatosteoarthritis.web.id
Orangtua mana sih yang tidak akan sedih dan khawatir bila anaknya jatuh sakit? Walaupun itu cuma sakit yang bisa dikatakan sakit ringan seperti batuk dan pilek. Melihat si kecil batuk tak henti-henti, dan tidak bisa tidur nyenyak karena hidungnya tersumbat, pasti akan membuat orangtua menjadi sedih.

Jika si kecil usia nya masih batita, tentu ibu akan merasa bingung dan ragu untuk memberikannya obat sintetis atau obat kimia. Takut, obat yang diberikan memberikan efek yang tidak baik untuk kesehatan si kecil.

Maka, tidak ada salahnya untuk mencoba memberikan obat tradisional, yang tidak memberikan banyak efek samping. Berikut beberapa cara pengobatan tradisional yang bisa diberikan pada si kecil jika terkena batuk dan pilek.

Pertama, berikanlah air jahe hangat untuk mengurangi batuk pada si kecil. Bisa ditambahkan sedikit gula untuk memberikan rasa manis, jika si kecil susah untuk disuruh minum air jahe.

Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang mempunyai banyak manfaat. Selain bisa digunakan untuk memberikan rasa pada masakan, bawang putih ternyata juga mengandung zat yang mampu melawan virus flu. Untuk anak, kita bisa menyiasatinya dengan memberikan banyak irisan bawang putih pada masakan, seperti sup dan sayur lainnya. Usahakan si kecil memakan bawang putih tersebut.

Selain bawang putih, ternyata bawang merah juga dapat digunakan untuk meringankan batuk dan pilek pada si kecil. Ulek atau parut atau blender bawang merah, lalu tambahkan sedikit minyak telon. Balurkan pada punggung, dada dan leher si kecil. Ini akan memberikan rasa hangat pada si kecil.

Nah, cara yang satu ini mungkin yang banyak dipakai oleh orangtua untuk mengobati batuk si kecil. Perasan jeruk nipis ditambahkan madu. Bisa meringankan batuk pada si kecil. Cukup berikan satu sendok teh campuran air jeruk nipis dan madu. Beberapa orangtua ada yang mengganti madu dengan kecap. Jika anak susah untuk diberikan obat ini, bisa campurkan air jeruk nipis dan madu ini dengan sedikit air hangat. Sebaiknya berikan obat ini setelah si kecil makan.

Madu, mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Madu bisa digunakan untuk apa saja. Ada yang menggunakannya sebagai bahan campuran minuman, toping kue atau makanan lainnya, untuk kulit dan lain-lain. Namun tidak jarang juga yang langsung meminum madu begitu saja. Nah, untuk mengurangi batuk pada si kecil, dapat dilakukan dengan cara ini. Berikan satu sendok teh madu pada si kecil sebelum dia tidur.

Gambir, biasanya lebih dikenal sebagai salah satu bumbu dapur. Namun ternyata gambir juga bisa digunakan sebagai obat untuk mengurangi pilek pada si kecil. Tumbuk halus gambir, lalu beri sedikit air hangat (buat seperti masker). Olehkan pada kening dan seputar hidung si kecil saat ia tidur. Ini dapat mengurangi lendir yang menyumbat hidung si kecil.

Beberapa cara pengobatan tradisional di atas sudah saya coba pada si kecil pada waktu ia terkena batuk dan pilek. Seperti air jeruk nipis dan madu, ini benar-benar berkhasiat mengurangi batuk si kecil. Cuma sampai dua hari, si kecil saya berikan obat ini, batuknya sudah banyak berkurang dan berangsur sembuh.

Namun tidak bisa dipungkiri bahwa ketahanan tubuh masing-masing anak memang berbeda-beda. Ada anak yang cocok dengan pengobatan ini dan ada yang tidak. Namun tidak ada salahnya orangtua untuk mencoba dulu mengobati si kecil dengan cara tradisional sebelum akhirnya memberikannya obat sintetis atau obat kimia (tentunya setelah berkonsultasi dengan dokter ya). Selamat mencoba! Semoga bermanfaat dan memberikan khasiat bagi si kecil  J 


Sumber: fimela.com

3 komentar:

  1. gambir ternyata bisa jadi obat juga ya, tapi carinya susah

    BalasHapus
  2. Wah, aku dulu kalau anak-anak batuk berkepanjangan, ujung-ujungnya bawa ke dokter. Ini tipsnya keren banget. :)

    BalasHapus
  3. Cari Tiket Pesawat dan tiket kapal Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI:
    No handphone : 085372801819

    BalasHapus