Samsung Hadirkan Galaxy S6 dan S6 edge dengan Performa yang Lebih Keren

By Dewi Sulistiawaty - Mei 19, 2015

Sejak peluncuran Samsung Galaxy S yang sukses mendulang perhatian para konsumen, Samsung terus berinovasi untuk memuaskan pelanggannya. Tahun ini Samsung kembali mengumumkan kehadiran Samsung Galaxy S generasi terbarunya yaitu Samsung Galaxy S6 dan S6 edge.

Samsung merupakan leader smartphone di pasar Indonesia karena terus hadir dengan teknologi yang lebih maju, dengan terobosan inovasi dalam segala hal, baik desain, material, kamera serta performance.
Samsung Galaxy S Series ini hadir untuk menginspirasi dunia dalam industri smartphone. Samsung Galaxy S sangat erat dengan inovasi, teknologi yang terdepan, dengan fitur-fitur yang dapat meningkatkan aktifitas kehidupan setiap penggunanya.

Bahkan Filosofi desain Samsung Galaxy S6 dan S6 edge mampu membawa nilai nyata dan kegunaan dalam elemen desain yang sangat indah dan lengkap dari sebuah perangkat yang tidak dapat kita bayangkan.

Samsung Galaxy S6 dan S6 edge ini bukan saja merupakan generasi Galaxy S yang terbaru, namun juga merupakan 'The Next Smartphone' dengan ponsel terbaiknya, karena inovasi ini tercipta dari semua keinginan, kritik dan saran dari semua pihak baik konsumen maupun media mengenai Samsung Galaxy S.


Eksterior

Dengan perpaduan kaca yang halus dan lembut serta dibungkus dengan lempengan logam yang sangat kuat dan ramping, Samsung Galaxy S6 dan S6 edge mewakili bentuk desain Samsung terbaru dengan hasil akhir yang lengkap dan canggih. “Beauty meets Purpose.

Ramping dan
 nyaman di genggaman
Samsung Galaxy S6 dan S6 edge memiliki desain yang berbeda. Warna-warnanya juga sangat menakjubkan dengan tampilan menyerupai batu permata, seperti White Pearl, Black Sapphire, Gold Platinum, Blue Topaz dan Green Emerald.

Lapisan kacanya menghasilkan efek warna yang dalam dan sangat kaya, dan itu juga terlihat dari permukaan body-nya. Dan untuk pertama kalinya sebuah handphone memiliki refleksi bagaikan permata di bagian belakangnya.

Dua lengkungan pada Galaxy S6 edge memberikan penampilan yang menonjol dan perasaan yang tidak terbatas. Dengan body yang terbuat dari bahan premium metal frame, membuat body Samsung Galaxy S6 dan S6 edge memiliki kekuatan lebih dari 50% dibandingkan dengan handphone lainnya. Rangkanya diklaim 1,5 kali lebih kuat dibandingkan rangka handphone lainnya, dan dijamin tidak akan melengkung.

Sedangkan untuk kacanya sendiri  menggunakan bahan yang terbuat dari  kaca Corning Gorilla Glass 4, yang merupakan teknologi terbaru dari Gorilla Glass. Sehingga  dapat melindungi Samsung Galaxy S6 dan S6 edge ketika terjatuh.

Samsung Galaxy S6
(Dok. Samsung)
Samsung Galaxy S6 edge, dengan lengkungan khas di sisi kiri dan kanannya
(Dok. Samsung)

Interior

Untuk bagian interior juga telah dikembangkan dengan sangat baik. User experience nya mengalami perubahan yang sangat signifikan. Filosofi design with purpose diterapkan juga dalam men-develop user interface-nya.

User interface yang baru ini lebih sederhana, karena itu lebih intuitif dan mudah digunakan oleh siapapun. Dan ini dibuat berdasarkan input dari konsumen yang semakin menyukai sesuatu yang simplicity.

Dan untuk membuatnya lebih intuitive, Samsung pun belajar bagaimana konsumen menggunakan smartphone mereka. Di mulai dengan mengembangkan struktur yang logis dengan mengurangi jumlah menu yang ada, membuang beberapa icon dan menggantinya dengan teks yang singkat dan jelas. Ini dilakukan untuk menghasilkan experience yang terbaik pada konsumen tanpa notifikasi yang kurang penting atau kesulitan dalam mencari sebuah fitur.

Fitur-fitur didalamnya juga menggunakan warna-warna cerah sehingga tampilannya menjadi lebih jelas dan teratur.

Samsung Galaxy S6 dan S6 edge dilengkapi dengan processor terbaru 64 bit dan berukuran 14 nm,  yang merupakan ukuran terkecil yang ada dalam ukuran smartphone. Dengan menggunakan prosesor tercepat di kelasnya, tidak diragukan lagi betapa tingginya performa yang dimiliki oleh Galaxy S6 dan S6 edge ini.

Samsung Galaxy S6 dan S6 edge menggunakan RAM DDR 4 yang berarti kecepatannya bisa meningkat lebih dari 80%. Untuk internal data dan memorinya dikembangkan flash storage yang terbaru, yang lebih cepat dan memungkinkan daya yang lebih kecil.

Dengan processor-nya yang sangat kuat,  tidak ada lagi gangguan dalam menggunakan Galaxy S6 dan S6 edge. Perpaduan dari keduanya akan meningkatkan performance dari Galaxy S6 dan S6 edge, sehingga tidak perlu khawatir jika ingin bermain game, nonton video atau apapun juga.  

Untuk displaynya, Samsung Galaxy S6 dan S6 edge memiliki layar Super Amoled, 5.1” Quad HD dengan 577 ppi. Layar Super Amoled yang melengkung di kedua sisinya dapat memberikan pengalaman yang luar biasa bagi penggunanya.

Memenuhi gaya hidup konsumen dengan mobilitas yang tinggi, Samsung Galaxy S6 dan S6 edge dilengkapi dengan Fast Charging. Tersedia opsi Fast Charging baterai untuk 10 menit, yang mampu bertahan hingga 4 jam penggunaannya. Sementara untuk recharge hingga 100% dibutuhkan waktu sekitar 80 menit.

Juga ada inovasi baru berupa Wireless Charging untuk Galaxy S6 dan S6 edge, yaitu pengisian baterai tanpa kabel yang menggunakan teknologi WPC dan PMA wireless charging bersertifikat.
Samsung juga meluncurkan Built in Battery untuk Samsung Galaxy S6 dan S6 edge, dan ini merupakan yang pertama untuk Samsung Galaxy S Series.

Samsung Galaxy S6 dan S6 edge juga memiliki kamera ponsel terbaik. Dengan sensor yang memiliki resolusi tinggi pada kamera bagian depan 5 MP dan kamera bagian belakang 16 MP, kamera Galaxy S6 dan S6 edge mampu menghasilkan kualitas gambar yang bagus.

Bahkan penggunaan kamera depan pada ruang yang minim cahaya pun dapat ditangkap dengan baik oleh kamera Galaxy S6 dan S6 edge. Ini karena Galaxy S6 dan S6 edge dilengkapi dengan lensa F1.9,  Auto Real-Time High Dinamic Range (HDR), IR Detect with Balance dan Low Light Video.

Test kamera Galaxy S6 edge dalam kondisi minim cahaya

Dengan menggunakan Small Optical Image Stabilization (OIS), kamera Samsung Galaxy S6 dan S6 edge juga mampu menangkap obyek gambar dengan baik walaupun kamera dipegang dalam kondisi goyang.
Test kamera Galaxy S6 edge dengan kondisi kamera goyang
(Dok. Pribadi)
Kamera Galaxy S6 dan S6 edge juga dilengkapi dengan fitur Quick Launch, sehingga pengguna bisa mengakses langsung kamera secara cepat (yaitu dengan kecepatan 0.7 detik) ketika pengguna sedang menggunakan aplikasi yang lain, seperti nonton video dan main game. Sehingga pengguna tidak kehilangan momen berharganya dan bisa cepat mengabadikannya dalam bentuk gambar maupun video.

Lalu juga ada fitur Tracking Auto Focus di mana pengguna dapat memilih obyek yang hendak difokuskan, lalu secara otomatis, fokus kamera akan mengikuti gerakan obyek tersebut.

Test kamera Galaxy S6 edge menggunakan Tracking Auto Fokus
(Dok. Pribadi)
Dari segi keamanan, mulai dari layer hardware, software dan aplikasi untuk konsumen bisnis, Samsung Galaxy S6 dan S6 edge menyediakan fitur Samsung KNOX. Jadi Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge merupakan perangkat mobile yang paling siap untuk bisnis.

Saat ini Samsung Galaxy S6 dan S6 edge tersedia dalam kapasitas 32 GB, 64 GB dan 128 GB. Untuk Indonesia sendiri, Samsung baru menyediakan kapasitas 32 GB dan 64 GB.



Spesifikasi Samsung Galaxy S6 dan Galaxy S6 edge


Network   

Display


Dimention


AP


OS  

Memory


Camera  

Battery  

Video  


Audio






Camera 
Feature 



Additional Feature 



Google 
Mobile Services


Connectivity 




Wireless
Charging 

Sensor 
LTE Cat.6 (300/50 Mbps)

5.1" Quad HD (2560x1440) 577ppi Super Amoled | S6 edge -> Dual edge

143.4x70.5x6.8mm, 138g | S6 edge -> 142.1x70.1x7.0mm, 132g

Quad 2.1 Ghz + Quad 1.5 Ghz, Oktacore appication processor

Android 5.0 (Lollipop)

RAM 3 GB, LPDDR4, Internal Memory 32/64/128 GB, UFS 2.0

16 MP OIS (rear), 5 MP (front)

2,550 mAh  | S6 edge -> 2,600 mAh

MP4, M4V, 3GP, 3G2, WMV, ASF, AVI, FLV, MKV, WEBM, VP9

Audio Codec : MP3, AMR-NB, AMR-WB, AAC, AAC+, eAAC+, WMA, Vorbis, FLAC, OPUS.
Audio Format : MP3, M4A, 3GA, AAC, OGG, OGA, WAV, WMA, AMR, AWB, FLAC, MID, MIDI, XMF, MXMF, IMY, RTTTL, RTX, OTA.

Quick Launch, Tracking AF, Auto Real-time HDR (front & rear), F1.9, Low Light Video (front & rear), High Clear Zoom, IR Detect White Balance, Virtual Shot, Slow Motion, Fast Motion, Pro Mode, Selective Focus.

Ultra Power Saving Mode, Download Booster, S Health 4.0, Samsung Pay, Smart Manager, Microsoft Apss (OneDrive 115GB for 2 years, OneNote), Sound Alive+, Themes, Quick Connect, Private Mode, S Finder, S Voice.

Chrome, Drive, Photos, Gmail, Google+, Google Settings, Hangouts, Maps, Play Books, Play Games, Play Newsstand, Play Movie & TV, Play Music, Play Store, Voice Search, You tube.

Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac (2.4/5Ghz), HT80 MIMO(2x2) 620Mbps, Dual-band, Wi-Fi Direct, Mobile hotspot, Bluetooth v4.1, A2DP, LE, apt-X, ANT+, USB 2.0, NFC, IR Remote.

WPC 1.1 (4.6W Output) & PMA 1.0 (4.2W) compatible


Accelerometer, Light, Gyroscope, Proximity, Compass, Barometer, Fingerprint, Hall, HRM.


Tak bisa dipungkiri, dengan berbagai fitur dan performa yang dimiliki Samsung Galaxy S6 dan S6 edge menjadikannya sebagai ponsel idaman setiap orang, termasuk blogger seperti saya. Saya bisa membayangkan bahwa saya akan bisa mengabadikan berbagai momen penting dalam hidup saya dengan menggunakan kamera ponsel terbaik dari Galaxy S6 atau S6 edge. Lalu menuangkan tulisan saya dalam blog, tanpa perlu cemas akan kinerja yang tidak maksimal.

Samsung Galaxy S6 dan S6 edge, dari luar terlihat indah, ramping, solid dan kuat, dengan bagian dalam user experience-nya yang sederhana, cepat dan intuitif. Dengan fitur dan performa yang ditancapkan didalamnya, harga yang dibandrol sekitar Rp 9.499.000,- untuk Samsung Galaxy S6 dengan kapasitas memori 32 GB dirasa sangat wajar untuk kita bisa memiliki Samsung Galaxy S series terbaru ini. 



  • Share:

You Might Also Like

12 comments

  1. Keren samsung terbaru ini dan harganya ga kalah keren

    BalasHapus
  2. Spek nya oke banget ya

    BalasHapus
  3. pengen banget punya samsung ini. Tapi, harganya juga lumayaan. Ada harga, ada kualitas kayaknya. *nabuuung :D*

    BalasHapus
  4. Belum juga punya S5, udah ada S6 aja. Bikin tambah mupeng ajaa :p

    BalasHapus
  5. @Mak Liswanti, Seperti kata mak Myra, ada harga ada kualitas mak heheh

    BalasHapus
  6. @Mba Lidia, Bener mak, keren abis deh, saya sampe mupeng liatnya. Cuma yaa..musti nabung duluu.. :D

    BalasHapus
  7. @Mak Myra, Sama maak...bagaimana kalo kita nabung bareng biar bisa terkumpul cepat. Ntar makenya seminggu mak Myra, seminggu saya wkwkwk *ditabok pake kobokan* :D

    BalasHapus
  8. @Mak Oline, Untung S7 sudah nongol ya mak (Sheila on 7) hihihi

    BalasHapus
  9. wiih daya tahan menulisnya nyampe panjang begini dan detail, kereen habis Mbak, tulisannya sudah tipikal reportase pula...

    BalasHapus
  10. Aku pernah nge-review samsung ini juga, tapi di kompasiana. Emang beneran keren ya handphonenya. Mupeeeng euy, nyari lomba blog yang hadianya Samsung S6 ahhh *emang ada??*

    BalasHapus
  11. Pengeeen...tapi harganya??
    Salam kenal mak Dew...:)

    BalasHapus