Sabtu, 16 Mei 2015

Resep Soto Padang yang Maknyus

Setiap daerah mempunyai kuliner khasnya masing-masing. Dan semua daerah mempunyai cara membuat yang berbeda pula dalam meramu masakannya. Contoh saja makanan seperti soto. Hampir di setiap daerah mempunyai menu soto dalam daftar menu kuliner khas mereka. Seperti Soto, untuk daerah Padang menggunakan nama Soto Padang. Lalu ada Soto Betawi, Soto Banjar dan bahkan soto dari daerah Makassar yang terkenal dengan Coto Makasarnya.
Rata-rata penampilan soto yang kita kenal adalah berkuah dan berisikan berbagai macam sayuran yang ditambahkan dengan olahan daging, baik daging sapi maupun daging ayam. Nah, untuk Soto Padang, saya punya nih resepnya. Resepnya merupakan resep turun temurun dari keluarga ibu saya.

Dulu, ibu saya sering membuat Soto Padang ini sebagai salah satu menu makanan sehari-hari keluarga kami. Soto buatan ibu memang tiada tandingannya deh! Memang sih, ibu tidak selalu membuat Soto Padang ini. Namun saya bisa mencicipi resep yang maknyus ini setiap hari Minggu atau pada hari libur. Saat saya sedang sakit, ibu juga sering membuatkan Soto Padang ini buat saya. Konon katanya, Soto Padang, jika dikonsumsi saat lagi hangat dan disajikan secara segar, akan membuat badan menjadi lebih enak dan nyaman.

Suatu saat kami sedang bersantai di rumah, saya menanyakan pada ibu bagaimana caranya membuat Soto Padang yang maknyus seperti yang beliau buat. Ibu hanya tersenyum dan menanyakan apakah saya mau belajar membuat Soto Padang. Hehe..saya memang jarang memasak, karena saya memang tidak terlalu ahli dalam bidang ini. Saya tuh, ahlinya makan, hihihi…

Namun untuk mendapatkan Resep Soto Padang yang Maknyus ala ibu, saya mau deh belajar memasak, khususnya masak Soto Padang. Biar ntar kalau saya lagi berada jauh dari ibu dan kangen dengan masakan soto beliau, saya bisa membuat sendiri J

Akhirnya, ibu pun memberikan resep membuat Soto Padang pada saya. Begini nih resep Soto Padang yang Maknyus ala ibu.

Resep Soto Padang yang Maknyus

Bahan-bahan :

  • 500 gr daging sapi
  • 2 liter air
  • 1 ruas jari lengkuas, memarkan
  • 6 lembar daun jeruk purut
  • 2 batang sereh
  • 3 lembar daun salam
  • 3 butir cengkeh
  • 2 butir pekak
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • garam secukupnya
Bumbu untuk rebusan daging :
  • 5 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sdt ketumbar, sangrai
  • 1 1/2 sdt merica bubuk
  • Garam secukupnya

    Bumbu halus :
    • 6 siung bawang putih
    • 10 butir bawang merah
    • 1 ruas jari kunyit bakar
    • 1 ruas jari jahe
    • 2 buah cabe merah
    Sambal :
    • 3 sdm minyak
    • 7 buah cabe merah
    • 4 siung bawang merah
    • garam secukupnya
    Pelengkap :
    • Soun secukupnya, rendam dalam air panas hingga lunak lalu tiriskan
    • Perkedel kentang secukupnya
    • 1 batang daun bawang, iris
    • 2 buah jeruk nipis
    • Bawang merah goreng
    • Kerupuk merah
    Cara membuat :
    • Panaskan air bersama daging serta bumbu untuk rebusan daging. Setelah daging empuk, angkat dan tiriskan (air rebusan jangan dibuang). Potong daging kecil-kecil, bentuk dadu atau melebar tipis.
    • Panaskan minyak dan goreng kering daging yang sudah dipotong tersebut, sisihkan.
    • Minyak sisa menggoreng daging tadi digunakan untuk menumis bumbu halus. Masukkan juga sisa-sisa dari bahan-bahan seperti lengkuas, daun salam, sereh, daun jeruk, cengkeh, pekak, merica dan garam. Tumis hingga wangi, lalu tuangkan bumbu ke dalam air rebusan daging.
    • Didihkan kembali air rebusan daging tersebut hingga siap dijadikan kuah soto.
    • Untuk sambal, haluskan semua bahannya dan goreng hingga matang.
    • Atur soun dan perkedel dalam mangkok, lalu tuangkan kuah soto.
    • Taburkan diatasnya daun bawang, jeruk nipis, bawang goreng dan kerupuk merah.
    • Soto siap disajikan. Bisa juga disantap dengan nasi.
    Nah, selesai sudah Resep Soto Padang yang Maknyus ala ibu saya. Mungkin untuk awalnya memang agak ribet bikinnya. Nanti kalau sudah sering bikin resep soto ini, lama kelamaan juga akan terbiasa dan terasa lebih mudah untuk membuatnya. Seperti ibu saya, yang saya lihat begitu mudah dan cekatan dalam mengolah menu yang satu ini. Silahkan mencobaa J

    1 komentar:

    1. Cari Tiket Pesawat dan tiket kapal Online Super Cepat dan murah??
      http://selltiket.com
      Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
      CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

      Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
      Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
      Bergabung segera di http://agenselltiket.com

      INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI:
      No handphone : 085372801819

      BalasHapus