Kamis, 28 Mei 2015

IPPUDO Sajikan The 1st Chicken Ramen Menu, Eksklusif untuk Indonesia

Ramen merupakan salah satu makanan tradisional dari Jepang, berupa masakan mie yang diceburkan dalam mangkok berisi kuah yang terbuat dari kaldu. Semacam mie rebus ala Indonesia gitu, cuma tentu saja dengan cara pengolahan, bahan serta rasa yang berbeda :D Saya sendiri belum pernah mencicipi ramen. Penasaran sih, setiap kali teman bercerita kalau mereka habis makan ramen. Mungkin belum ada kesempatan aja *alesaan* hehehe…

Akhirnya kesempatan itu datang juga, ketika seorang teman mengajak saya untuk ikutan acara IPPUDO Blogger Gathering di Pasific Place, Kawasan SCBD Jakarta. IPPUDO Indonesia merupakan salah satu dari sekitar 50 gerai IPPUDO yang tersebar di seluruh dunia.


IPPUDO didirikan oleh Shigemi Kawahara yang terkenal sebagai Ramen King di dunia. Kawahara San memperkenalkan olahan ramennya untuk pertama kali di sebuah distrik ramen terkenal di Jepang yaitu Hakata, pada tanggal 13 Oktober 1985. Hingga saat ini di Jepang, IPPUDO sudah memiliki sekitar 80 gerai, dan melayani hingga 50.000 orang pengunjung setiap harinya di seluruh dunia. 

Ramen King, Kawahara San
(Sumber: ippudo.com.sg)
Makanan di setiap negara tentu mempunyai ciri khasnya tersendiri. Untuk itulah IPPUDO melakukan analisa terlebih dahulu. Kemudian baru mengolah makanannya sesuai dengan kondisi serta selera masing-masing negara tersebut.

Untuk di Indonesia, IPPUDO eksklusif akan menyediakan ‘The 1st Chicken Ramen Menu’ yang merupakan menu pertama IPPUDO yang murni tidak menggunakan bahan-bahan yang mengandung pork. Semua peralatan makan yang digunakan juga dipisahkan dari peralatan pork ramen, termasuk peralatan dapur dan juga pengolahannya.

Dapur khusus untuk pengolahan Chicken Ramen
Peralatan yang biasa digunakan untuk makan ramen di IPPUDO terdiri dari 3 macam yaitu mangkok, sumpit dan juga sendok. Peralatan yang biasa dipakai untuk menu pork, untuk sumpitnya berwarna hitam berulir, sendoknya berwarna putih serta mangkoknya berwarna merah.

Sedangkan khusus untuk menu Chicken Ramen menggunakan peralatan sumpit berwarna coklat, sendoknya warna hitam dan untuk mangkoknya berwarna putih yang didatangkan langsung dari Jepang. Jadi bagi teman-teman muslim, bisa mencicipi menu Chicken Ramen di IPPUDO dengan aman dan nyaman J

Sebelum meluncurkan menu baru ini, IPPUDO Indonesia melakukan riset terlebih dahulu, untuk mengolah ramen khusus ini, agar pas di lidah masyarakat Indonesia. Hingga kemudian terciptalah dua menu Chicken Ramen yaitu ‘Tokyo Chicken Shoyu Ramen’ dan Spicy Chicken Ramen’.

Hadir pada acara The 1st Chicken Ramen Menu’ ini Miss Ng Yin Ching yang merupakan Regional Director IPPUDO Malaysia, Thailand dan Indonesia, Mr. Hideki Miyazaki sebagai Research and Quality Group Head IPPUDO Asia and Oceania, serta Mr. Takashi Mikami yang merupakan Operations Consultant for IPPUDO Indonesia.

(Kiri-kanan) Hideki San, Miss Ng Yin dan Mikami San
Ada dua alasan kenapa IPPUDO ingin mengembangkan menu ‘Tokyo Chicken Shoyu Ramen’ dan Spicy Chicken Ramen’ ini. Pertama, cita rasa mi goreng khas Indonesia yang enak dan sangat disukai oleh masyarakat Indonesia, sehingga menginspirasi IPPUDO untuk berkreasi dengan ramen dan menciptakan menu baru ini.

Dan alasan kedua adalah karena negara Indonesia yang merupakan negara muslim, dan tidak bisa mengkonsumsi makanan pork, sehingga IPPUDO pun secara eksklusif menyediakan makanan non pork. Duh senangnyaa, arigatou gozaimasu! J

Khusus untuk noodles atau mie pada Chicken Ramen Menu ini terbuat dari shoyu yang memang khusus disajikan untuk sayuran. Jika dibandingkan dengan menu ramen lain yang ada di IPPUDO, tekstur mie untuk kedua menu Chicken Ramen ini agak lebih tipis, dengan sup yang lebih sedikit. Pada menu ini memang sengaja diberi sup yang lebih sedikit, agar pengunjung dapat merasakan cita rasa dari ramen itu sendiri.

Noodles nya pun dibuat langsung di dapur khusus yang ada di sini, sehingga bisa dijamin bahwa mie ramennya tersajikan fresh. Sedangkan untuk sup nya dibuat khusus dengan bahan murni 100% dari ayam yaitu dari ceker dan tulang ayam, yang direbus dalam api yang sangat kecil dalam waktu sekitar 10 jam.

Hideki San dan Mikami San siap beraksi di dapur khusus Chicken Ramen
Untuk toping nya diberikan Menma (berupa olahan rebung), taburan daun bawang, sayuran, Narutomaki (bakso ikan) dan Chicken Chashu, yaitu ayam berbentuk roll yang direbus dengan saus khusus sehingga memberikan rasa yang empuk serta juicy.

Tokyo Chicken Shoyu Ramen
Khusus untuk Spicy Chicken Ramen, disajikan dengan Chili Ball Pasta, yang merupakan perpaduan dari 4 jenis cabe. Jadi sambalnya terasa pedas dengan rasa yang gurih dan segar.

Spicy Chicken Ramen
Mikami San yang baik hati pun memberikan sebuah kursus singkat tentang bagaimana caranya makan ramen yang benar, sesuai dengan cara Jepang. Di Jepang cara makan ramen ini dinamakan ‘Zuzuto’, yaitu dengan cara menyeruput mie, hingga bagian ujungnya tanpa putus, sampai terdengar bunyi ‘sluuurp’. Makan ramennya jadi terasa dan terdengar ‘oishii’ atau bahasa kitanya enak gituh! :D

Mikami San praktekkan zuzuto J 
Sebagai appetizers, IPPUDO menyediakan Grilled Chicken Bun, yaitu berupa setangkup roti yang lembut, menyerupai bakpao, dan di dalamnya berisi ayam panggang dengan saus teriyaki. Lalu ada Spicy Shrimp Mayo, yaitu udang goreng tepung yang renyah dan gurih, dicocol dengan mayonais pedes yang oishii. Beneran, enak banget! *saya suka, saya sukaa* Dan ada Seared Salmon Roll, yaitu berupa gulungan ikan salmon yang disiram dengan bumbu mentaiko dan diatasnya diberi hiasan berupa telur ikan kod.

(Kiri-kanan) Seared Salmon Roll, Spicy Shrimp Mayo dan Grilled Chicken Bun
Sebagai pengalaman pertama makan ramen, saya memberanikan diri untuk mencicipi menu Spicy Chicken Ramen. Dan semangkok besar Spicy Chicken Ramen yang fresh pun mendarat tepat di depan meja saya. Waduh, mangkoknya besar banget, mudah-mudahan saya bisa ngabisin semua *ganbatte!* :D

Pertama saya sruput dulu kuahnya, terasa kaldu ayamnya yang segar dan tidak pekat dengan bumbu. Lalu saya pun mulai mengaduk sambalnya. Saya coba lagi menyeruput kuahnya. Wuiih…pedesnya nendang bo’, namun kuahnya jadi terasa lebih gurih dan enak *minum Berry Fizz* :D

Berry Fizz yang segar
Potongan Chicken Chashu nya juga empuk, bumbunya pas dan enak di lidah. Lanjuut… nyobain mie nya. Tekstur mie nya nggak kenyal dan juga nggak kering, pas. Rasanya juga segar, mungkin karena dibuat langsung di dapur sini.

Siap-siap untuk zuzuto :D
Katanya kalau makan ramen, sruput dulu kuahnya, baru kemudian sruput mie nya. Saya pun mempraktekkan hal tersebut, rasa ramennya jadi double oishii! *ngacung dua jempol!*

Namun maafkan saya Mikami San, saya belum berhasil melakukan zuzuto L Tiap nyobain zuzuto, cuma sanggup sampai pertengahan mie saja, hiks! Hai, besok berusaha lagi! J

Selain semangat (itu terlihat dari sambutan yang diberikan kepada tiap pengunjung yang masuk), pelayan di IPPUDO ini juga ramah. Buktinya, ketika seorang teman yang duduk di depan saya, rajin banget bertanya alias dengan sengaja bawelin salah seorang pelayan, dibalas dengan jawaban yang ramah dan senyum merekah *uhuuy…bunga kali, merekah* :D

Jya, mata neee... J
Tapi beneran baik lho! Pelayannya tanpa saya minta, suka menjelaskan mengenai ramen yang saya makan, serta bumbu-bumbu yang terdapat di dalamnya *keep it the way! J

Donburi Art, salah satu ormanen unik di Gerai IPPUDO Indonesia
So, bagi yang pengen nyobain Chicken Ramen khas Jepang dan yang telah disesuaikan dengan lidah Indonesia ini, bisa icip-icip menu ‘Tokyo Chicken Shoyu Ramen’ dan Spicy Chicken Ramen’ di IPPUDO Indonesia, yang akan resmi tersedia pada tanggal 1 Juni 2015 besok.

Gerai IPPUDO ini terdapat di lantai 5 Gedung Pasific Place di Kawasan SCBD, Jakarta Selatan. Untuk informasi yang lebih komplit bisa kamu dapatkan di :

Website resmi IPPUDO Indonesia : www.ippudo.co.id
Akun Facebook IPPUDO Indonesia : http://www.facebook.com/ippudoindonesia
Akun Twitter IPPUDO Indonesia : http://www.twitter.com/ippudoIDN
Akun Instagram IPPUDO Indonesia : www.instagram.com/ippudoindonesia



Dokumentasi : Pribadi dan IPPUDO Indonesia

9 komentar:

  1. Pengeeeeeennnnnnnn...*lalu ngelap iler..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuukk mampiir... *sodorin tisu* :D

      Hapus
  2. Hayooo lanjutkan latihan zuzuto-nya sampai bisa ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih mba Oline, latihan zuzuto-nya dilanjutin di rumah, jadi pas ke IPPUDO ntar dah bisa pamer zuzuto..hihihi

      Hapus
  3. waaaaaaaa.... rameeenn.... aku suka ramen...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaa....saya sekarang juga suka ramen mbaa...
      Yuuk..nyobain Chicken Ramen di IPPUDO :)

      Hapus
  4. Selamat, ya, Dewi. Memang layak jadi Juara 1 karena contentnya oke banget, berbobot, lengkap, jelas, baik tentang cerita atau foto-fotonya.

    BalasHapus
  5. keren uiiii mbk dewi... juara looo

    BalasHapus
  6. Cari Tiket Pesawat dan tiket kapal Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI:
    No handphone : 085372801819

    BalasHapus