Rabu, 11 Maret 2015

5 Masalah Kesehatan yang Mengincar Wanita Modern



Bertempat di Ruang Chandra Gedung Bank Indonesia Jakarta, PIPEBI (Persatuan Istri Pegawai Bank Indonesia) menggelar sebuah acara Talkshow bertemakan ‘5 Masalah Kesehatan yang Mengincar Wanita Modern’. Acara yang digelar pada hari Rabu (11/3/15) pagi ini terlaksana berkat kerjasama PIPEBI dengan Tabloid Bintang Indonesia serta Mustika Ratu. Hadir sebagai narasumber Dr. Sonia Wibisono, Arzeti Bilbina dan Ir. Any Wahyuningsih selaku Senior Product Manager PT. Mustika Ratu Tbk.


Ibu Budianto selaku Ketua PIPEBI mengatakan bahwa talkshow kali ini merupakan realisasi dari program kerja PIPEBI. Salah satu tujuan PIPEBI adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi anggotanya.
(Kiri) Ketua PIPEBI, Ibu Budianto saat memberi sambutan pada acara talkshow
(Kanan) Ibu Indra Gunawan yang memimpin do'a sebelum acara di mulai


“Untuk itulah acara Bintang Indonesia Fun Talkshow dengan tema ‘5 Masalah Kesehatan yang Mengincar Wanita Modern’ ini kita adakan,” sambut Ibu Budianto saat membuka acara.

Sementara itu Ibu Mirza Adityaswara selaku perwakilan dari Dewan Penasehat PIPEBI berharap dengan diselenggarakannya acara ini dapat memberikan banyak manfaat bagi semua anggota PIPEBI dan kemudian dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dapat menjadi wanita yang sehat.

(Ki-ka) MC, Arzeti, Ibu Any dan Dr. Sonia


Wanita masa kini merupakan wanita yang aktif dengan gaya hidupnya yang modern. Dengan pergaulannya yang luas baik di lingkungan rumah, di sosial media atau pun yang sibuk dengan karirnya, terkadang suka mengabaikan masalah kesehatannya sendiri.

Hal ini bisa berdampak buruk bagi tubuh, seperti stress dan mudah diserang berbagai penyakit. "Ada 5 macam penyakit yang rawan diderita oleh wanita yang menjalani hidup seperti ini, yaitu : obesitas, kolesterol tinggi, asam urat, gangguan fungsi hati dan insomnia," jelas Dr. Sonia.

Dr. Sonia menjelaskan mengenai kesehatan bagi
wanita modern


Obesitas
Obesitas bisa disebabkan karena kurangnya olahraga, stress, biasa mengkonsumsi makanan  secara berlebihan dan suka makan makanan yang tidak sehat.

Kolesterol Tinggi
Kolesterol merupakan zat lemak yang dibutuhkan oleh tubuh kita untuk membuat hormon, vitamin dan sistem pencernaan agar bekerja dengan baik dengan membentuk empedu. Namun jika kadar kolesterol dalam darah tinggi maka bisa berdampak buruk bagi jantung. Karena hal ini akan membuat jantung tidak akan mendapatkan oksigen yang cukup. Bahkan jika mengganggu aliran darah yang mnegalir ke otak dapat menyebabkan stroke.
Kadar kolesterol yang tinggi bisa didapatkan karena faktor usia yang semakin lanjut, faktor genetik atau keturunan, pola makan yang kurang baik, kurangnya aktivitas dan juga karena faktor diabetes.

Asam Urat
Asam urat merupakan kristal-kristal yang terbentuk sebagai manifestasi metabolisme zat purin (zat yang terkandung dalam setiap makanan yang berasal dari makhluk hidup, seperti daging, buah, sayur dan kacang-kacangan.
Jika mengkonsumsi zat purin secara berlebihan akan menyebabkan ketidakmampuan ginjal dalam mengeluarkannya, sehingga membuat kristal asam urat menumpuk di persendian. Nah, inilah yang menyebabkan sendi terasa nyeri, membengkak, meradang, panas ataupun kaku.

Gangguan Fungsi Hati
Hati merupakan tempat pembentukan dan penyaluran asam empedu, berperan sebagai regulator dari semua metabolisme karbohidrat, protein dan lemak. Hati juga berfungsi sebagai pusat pendetoksifikasi racun dan penghancuran (degradasi) hormon-hormon steroid seperti estrogen.
Jika terjadi gangguan pada hati maka dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk memecahkan sel darah merah dari toksin yang terkandung di dalamnya.
Penyebab gangguan hati bisa terjadi karena faktor genetik, kelainan sistem metabolisme, infeksi virus atau bakteri dan bisa juga karena suka minum minuman beralkohol tinggi.

Insomnia
Insomnia bukanlah suatu penyakit, melainkan suatu gejala yang memiliki berbagai penyebab seperti stress tingg, kelainan emosional dan fisik, jadwal tidur yang tidak teratur serta pemakaian jenis obat-obatan.
Jika tidak segera diatasi, insomnia bisa meningkatkan resiko penyakit obesitas, pelupa, gangguan kulit, depresi, penurunan konsentrasi hingga penyakit serius seperti jantung, stroke dan diabetes.
Insomnia bisa diatasi dengan cara olahraga teratur di pagi hari, mandi/ berendam air hangat, massage, aroma terapi, minum susu hangat, makan karbo sederhana sebelum tidur dan meredupkan cahaya kamar tidur juga dapat membantu mengatasi insomnia.

Untuk mengatasi berbagai penyakit yang sering melanda para wanita aktif dengan gaya hidupnya yang modern perlu dilakukan cara hidup sehat seperti di bawah ini :

 Melakukan aktivitas fisik
Dengan rajin berolahraga dapat memproduksi zat kimia yang menimbulkan ‘perasaan yang menyenangkan’. Penting untuk memilih jenis olahraga yang sesuai dengan usia kita.

Pola makan sehat
Pilihlah makanan dengan asupan nutrisi yang baik untuk tubuh. Jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan minum air sebanyak 8 gelas setiap hari. Hindari minuman yang mengandung kafein, beralkohol dan bersoda juga makanan instan dan makanan cepat saji.
  
Pendekatan psikis
Lakukan hal-hal yang menyenangkan atau yang kita sukai. Seperti menyalurkan hobi membaca, bermain musik atau pergi ke tempat-tempat yang kita ingin kunjungi. Kegiatan ini dapat menghilangkan perasaan stress, gelisah dan depresi yang ada pada diri kita.

Terapi medis
Rutin melakukan pemeriksaan kesehatan berguna untuk mengetahui penyakit yang mungkin akan timbul sehingga bisa cepat dicegah atau ditanggulangi.

Terapi herbal
Terapi herbal merupakan salah satu terapi alternatif yang sudah lama dipercaya oleh masyarakat Indonesia dalam membantu mengatasi berbagai macam penyakit, contohnya konsumsi jamu-jamuan. Terapi herbal menjadi pilihan banyak orang karena terbuat dari bahan-bahan yang alami sehingga minim efek samping. Saat ini sudah banyak perusahaan yang memproduksi produk minuman herbal yang diproses secara modern dan dikemas secara praktis dan mudah dikonsumsi.

“Kalau bicara tentang perawatan memang harus di mulai sejak dari kecil. Makanya saya melakukan perawatan pada anak saya mulai sejak dia dilahirkan. Seperti rambutnya, saya suka pakai minyak cem ceman sejak rambutnya belum tumbuh. Sekarang usianya sudah 7 tahun dan dia mempunyai rambut yang hitam dan lebat” kata Arzeti.

“Saya sedari kecil juga dibiasakan oleh ibu saya untuk tidak sering mengkonsumsi obat-obatan. Jika saya sakit atau merasa badan saya pegal dan lemas, ibu biasanya memberikan saya teh pahit. Jadi dibiasakan minum obat-obat yang tradisional gitu,” jelas Arzeti lagi.

“Trus untuk melangsingkan badan saya yang melar sehabis melahirkan, saya biasanya minum teh sebelum nge-gym. Kalo kebanyakan orang kan minum kopi sebelum nge-gym ya, padahal menurut saya itu tidak sehat, jadi sebaiknya di ganti sama teh saja,” lanjut Arzeti.

“Oya, kalau mau minum minuman herbal yang banyak di jual di pasaran jangan lupa untuk memastikan bahwa produknya tercantum dan terdaftar BPOM nya ya,” timpal Dr. Sonia.

(Kiri) Acara di tutup dengan serah terima cinderamata dari PIPEBI pada para sponsor
(Kanam) Foto bersama narasumber dan sponsor



4 komentar:

  1. Semoga istriku terhindar dari 5 masalah tersebut...

    BalasHapus
  2. Makasih banyak ya, Mbak Dewi. Lengkap euy reportasenya. :)

    BalasHapus
  3. Perempuan memang harus waspada ya sama penyakit2 itu, supaya bisa tetep sehat

    BalasHapus
  4. Cari Tiket Pesawat dan tiket kapal Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI:
    No handphone : 085372801819

    BalasHapus